Alumni HMI: Ospek dengan kekerasan di ITN harus dihilangkan

Rabu, 11 Desember 2013 - 01:04 WIB
Alumni HMI: Ospek dengan kekerasan di ITN harus dihilangkan
Alumni HMI: Ospek dengan kekerasan di ITN harus dihilangkan
A A A
Sindonews.com - Tragedi kematian Fikri Dolasmantya Surya, mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) saat mengikuti orientasi pengenalan kampus (Ospek) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang memantik reaksi alumnus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Pasalnya, tragedi tersebut tidak mencerminkan tindakkan layaknya akademisi yang notabene adalah mahasiswa.

Mantan anggota Badko HMI Jawa Timur, Maulana Syahiduzzaman, mengatakan, kejadian tersebut sangat disayangkan. "Kami menyanyangkan dengan tragedi ini. Sebenarnya tujuannya baik tapi ternyata malah berakibat kematian. Pihak kampus harus mengusut tuntas kejadian itu," kata Maulana, Selasa (10/12/2013).

Sebagai seorang mahasiswa tentunya harus menerapkan nilai-nilai akademis yang tentunya jauh dari tindakkan kekerasan. Terlebih lagi berujung dengan kematian.

Ia juga meminta aksi bully bisa saja dilakukan tapi secara mental. Hal itu tentu akan mencetak generasi tidak bermental lemah. Namun, ketika sudah pada aksi fisik sangat tidak dibenarkan.

"Kalau mengedepankan pembentukkan mental tidak harus dengan cara-cara fisik tapi ada cara lain dengan tujuan mental tetap terbentuk dan keakraban dengan senior juga terjaga," katanya.

Ia juga berharap kepada mahasiswa di kampus lainnya, tragedi tersebut menjadi pelajaran yang berharga.

Alumnus Universitas Airlangga Surabaya ini juga menyebut, pelajaran yang dipetik adalah pembenahan sistem ketika masa Ospek mahasiswa baru. Termasuk, balas dendam antara senior dan Junior.

"Selama ini mahasiswa baru yang ikut ospek banyak dijadikan sebagai ajang untuk balas dendam. Sebab, para panitia ospek juga pernah diospek serupa oleh seniornya, begitu selanjutnya," jelasnya.

Sebelumnya Fikri Dolasmantya Surya, mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) tewas saat mengikuti Ospek Kampus pada 12 Oktober 2013.

Selain itu, dalam Ospek yang digelar di kawasan Goa Cina, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang itu mencuat dugaan terjadi pelecehan seksual yang dialami oleh mahasiswi kampus tersebut.

Tim Aliansi Mahasiswa Anti-Kekerasan (AMAK) siang ini melaporkan hasil investigasi terkait meninggalnya Fikri Dolasmantya Surya, mahasiswa baru jurusan Planologi Institut Teknologi Nasional (ITN).
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3552 seconds (0.1#10.140)