5 kecamatan di OKI endemis kaki gajah

Rabu, 04 Desember 2013 - 16:03 WIB
5 kecamatan di OKI endemis kaki gajah
5 kecamatan di OKI endemis kaki gajah
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 5 kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) termasuk wilayah endemis penyakit gajah atau filariasis. Hal ini sesuai dengan survei yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan RI.

Tak pelak jika Kabupaten OKI menjadi daerah sasaran pengobatan masal dari program United States Agency for International Development (USAID) dari tahun 2013 hingga 2017 mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (dikes) OKI, M Hakim, dalam rangka Pemberian Obat Massa Pencegahan (POMP), penyakit kaki gajah (filariasis) tahun 2013 di Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten OKI, Rabu (4/12/2013).

”Ada lima kecamatan di OKI yang termasuk indemis kaki gajah, yakni Kecamatan Tanjung Lubuk, Kayuagung, Teluk Gelam, SP Padang dan Kecamatan Cengal,” kata Hakim.

Oleh sebab itu, lanjut Hakim, Dinas Kesehatan Kabupaten OKI telah melakukan langkah-langkah untuk melakukan pencegahan dan pengobatan.

”Salah satu upaya pencegahan itu adalah dengan cara pemberian obat filariasis kepada warga di beberapa Kecamatan di wilayah di OKI yang termasuk edemis penyakit kaki gajah, seperti yang kita lakukan sekarang ini,” katanya.

Sementara itu menurut Hakim, dalam dunia kesehatan, penyakit kaki gajah yang biasa disebut sebagai filariasis atau elephantiasis, yang merupakan golongan penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit ini ditularkan melalui nyamuk yang menghisap darah seseorang yang telah tertular sebelumnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6134 seconds (0.1#10.140)