Anggaran pendidikan di Salatiga ditambah Rp1,5 Miliar

Senin, 02 Desember 2013 - 16:21 WIB
Anggaran pendidikan di Salatiga ditambah Rp1,5 Miliar
Anggaran pendidikan di Salatiga ditambah Rp1,5 Miliar
A A A
Sindonews.com - Pemkot Salatiga pada perubahan APBD 2013 ini menambah dana bantuan operasional pendidikan dan pembangunan (BOPP) dan bantuan operasional sekolah (BOS) senilai Rp1,5 miliar.

Dana sebanyak itu, dialokasikan untuk menunjang pembangunan sarana dan prasarana serta operasional kegiatan belajar mengajar di seluruh sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Salatiga Tedjo Supriyanto mengatakan, Pemkot Salatiga konsisten untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar dan mutu pendidikan.

Cara yang dilakukan antara lain menaikan anggaran pendidikan seperti BOPP dan BOS. Tujuannya untuk mencapai pelayanan pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan kompetensi siswa.

"Setiap tahun, anggaran pendidikan kami naikkan. Pada APBD Penetapan (murni) 2013 dana pendidikan untuk SD dan SMP dialokasikan sebanyak Rp2,4 miliar. Pada perubahan APBD 2013 ini, anggaran BOPP dan BOS SD dan SMP ditambah lagi Rp1,5 miliar. Kebijakan ini diterapkan untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan," ungkapnya, Senin (2/11/2013).

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikpora Kota Salatiga Tri Maryani menjelaskan, dana BOPP untuk SD pada tahun anggaran (TA) 2013 ini sebesar Rp10 juta per tahun. Sedangkan SMP Rp20 juta per tahun. Anggaran tersebut diberikan dalam bentuk blockgrant.

"Namun pada 2014 nanti, aturannya akan diubah. BOPP tidak diberikan dalam bentuk blockgrant atau uang, melainkan kegiatan sesuai pengajuan masing-masing sekolah," ujarnya.

Adapun dana BOS untuk siswa SD pada perubahan APBD 2013 ini meningkat menjadi Rp48.000 per anak/tahun. Sedangkan untuk siswa SMP naik menjadi Rp127.400 per anak/tahun.

"Dana BOS tersebut di luar dana pendampingan dan BOPP. Pengelolaannya diserahkan kepada masing-masing sekolah termasuk jumlah siswa penerima dana BOS," jelas Tri.

Sementara itu, Sekretaris Komisi I DPRD Kota Salatiga Septa Maya Hidayati menyatakan, dewan mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan eksekutif.

Karena itu, dewan akan menyetujui rencana penambahan anggaran pendidikan pada 2014 nanti. "Anggaran pendidikan 2014 sudah dibahas. Usulan yang diajukan sebesar untuk dana BOPP serta BOS sebesar Rp4,3 miliar dan akan disetujui," katanya.

Dia menyatakan, peningkatan anggaran ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam menghadapi kurikulum 2013 yang mulai diberlakukan.

Selain itu, juga untuk menekan terjadinya pungutan di sekolah saat tahun ajaran baru 2013 - 2014 nanti.

"Kami berharap kenaikkan anggaran pendidikan ini, dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk peningkatan mutu pendidikan di masing-msaing sekolah. Dan kami berharap jangan ada lagi pungutan di sekolah," tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7619 seconds (0.1#10.140)