Warga miskin Kecamatan Prambanan tinggi

Rabu, 20 November 2013 - 13:08 WIB
Warga miskin Kecamatan Prambanan tinggi
Warga miskin Kecamatan Prambanan tinggi
A A A
Sindonews.com - Angka kemiskinan di kecamatan Prambanan, Sleman cukup tinggi. Data pemerintah kabupaten (pemkab) setempat dari 46857 KK, sebanyak 3132 atau 6,6% KK di antaranya tercatat sebagai warga miskin.

Hal ini terungkap saat bupati Sleman Sri Purnomo menyerahkan bantuan unit pegelola kegiatan (UPK) dan proyek PNPM Mandiri Pedesaan di Prambanan.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan karena kemiskinan akan berdampak pada permasalahan lain, seperti anak terlantar, pengemis, gelandangan, keluarga berumah tak layak huni, tuna susila dan sebagainya, sehingga penangganan harus secara lintas sektoral, terpadu, berkesinambungan dan sinergis

“Oleh karena itu, kemiskinan harus ditangani secara serius baik oleh pemerintah maupun masyarakat,” papar Sri Purnomo, Rabu (20/11/2013).

Selain itu, penanganan kemiskisnan juga harus lebih intensif dan koordinatif . Terlebih pasca erupsi Merapi 2010 lalu, berpotensi menambah jumlah kemiskinan di Sleman.

Sehingga untuk mengentaskan kemiskinan, maka menuntut kerja karas semua pihak. Untuk itu, warga yang menerima bantua sosia harus bisa memanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. bukan untuk keperluan konsumtif.

”Untuk itu, bantuan sosial, baik berupa modal, peralatan maupun ternak, harus dimanfaakan untuk kegiatan ekonomi produktif atau mengembangkan usaha. Sehingga KK miskin dapat berproduksi dengan maksimal,” tandasnya.

Camat Prambanan Abu Bakar menambahkan alokasi dana sosial UPK Prambanan tahun 2013 Rp131,1 juta. Dana tersebut untuk bantuan air, ternak kambing, alat produksi rumah tangga dan perlengkapan sekolah. Bantuan air untuk dropping organisasi pengelola air (OPA) Gayamharjo, Sambirejo dan Bokoharjo.

”Untuk ternak kambing secara bergulir ke semua desa se Prmbanan dan perlengkapan sekolah bagi 150 siswa,” terangnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4287 seconds (0.1#10.140)