Sosialisasi Pemilu 2014, KPU sasar kelompok disabilitas

Rabu, 20 November 2013 - 10:15 WIB
Sosialisasi Pemilu 2014, KPU sasar kelompok disabilitas
Sosialisasi Pemilu 2014, KPU sasar kelompok disabilitas
A A A
Sindonews.com - Pemilihan Umum bukan hanya milik orang normal, penyandang disabilitas (penyandang cacat) juga mempunyai hak yang sama dalam pesta demokrasi itu. Pesan ini lah yang disampaikan KPU saat menyasar kelompok disabilitas di Solo.

Dalam sosialisasinya, KPU menggandeng pihak relawan. Mereka diperbantukan untuk kaum disabilitas. Seperti para penderita tuna rungu. Sosialisasi dilakukan dengan bahasa isyarat, agar para penderita disabilitas mengerti.

Menurut Ketua KPU Solo Agus Sulistyo, ada lima kelompok yang menjadi sasaran sosialisasi dari KPU. Seperti penyandang disabilitas, kelompok perempuan, marginal, keagamaan, dan pemilih pemula.

Sementara itu, salah satu penyandang disabilitas, Didit mengaku, sosialisasi ini sangat bagus. Kkarena, dengan begitu KPU bisa mengerti kebutuhan mereka.

Didit mengaku, selalu kesulitan saat pemilu berlangsung. Terutama, menyangkut tempat pencoblosan, dan akses jalan yang sulit dilalui. Untuk itu, dia berharap, kebutuhan orang-orang seperti dirinya bisa dipenuhi agar semua mendapat hak yang sama dalam pemilu.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan tingkat partisiasi pemilih dalam Pemilu 2014, mendatang mencapai target sebesar 75 persen, dan mengetahui permasalahan terutama kepada lima kelompok masyarakat tersebut saat berada di lapangan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5996 seconds (0.1#10.140)