KSAD pastikan insiden Heli MI-17 bukan human error

Selasa, 12 November 2013 - 12:57 WIB
KSAD pastikan insiden...
KSAD pastikan insiden Heli MI-17 bukan human error
A A A
Sindonews.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jendral Budiman, memastikan insiden jatuhnya pesawat MI-17 di Kalimantan bukan berasal dari kesalahan manusia atau human error.

Meski secara investigasi 'ilmiah' hal itu belum terjawab dan masih harus menunggu hasil resmi, namun secara kesimpulan awal helikopter jatuh lantaran faktor cuaca.

"Saat itu heli akan landing di puncak ketinggian. Tempat itu dikelilingi pohon-pohon. Saat salah seorang membuka pintu untuk check clear area, tiba-tiba angin besar berhembus dan menyebabkan heli terbanting terkena pohon," bebernya, Selasa (12/11/2013).

Akibat tabrakan dengan pohon itu, heli pun oleng dan berputar tak beraturan hingga menyebabkan efek twist. Beberapa orang yang berada di mulut pintu heli secara reflek loncat ke bawah, sementara yang tak sempat loncat terbawa jatuh bersama helikopter hingga ke jurang.

"Jadi yang selamat itu adalah yang loncat dari heli," katanya.

Disinggung mengenai apakah heli kelebihan beban angkut. Budiman memastikan jika hal itu tidak benar. Menurutnya berat beban maksimal heli ada tiga ton sementara saat itu secara keseluruhan heli hanya menggangkut sekitar 2.150Kg.

Selain itu, dia pun memastikan jika selama dirinya ditunjuk sebagai Wakil KSAD pada zaman Jendral Pramono Edi Wibowo seluruh alutsista yang ada dipastikan pemeliharaan menjadi prioritas utama.

"Jadi tidak ada human error. Tapi kita tetap akan berdiskusi lagi dengan para ahli," tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9722 seconds (0.1#10.140)