SBY buka Bali Democracy Forum ke-6

Kamis, 07 November 2013 - 08:46 WIB
SBY buka Bali Democracy...
SBY buka Bali Democracy Forum ke-6
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan membuka perhelatan dunia Bali Democracy forum (BDF) ke-6 di Bali Nusa Dua Convention center (BNDCC), Bali, pagi ini.

Sesuai jadwal yang diberikan panitia, pembukaan BDF akan dimulai pukul 09.30 Wita, di mana Presiden SBY akan memberikan kata sambutan sekaligus ucapan selamat datang kepada semua delegasi.

Selain SBY, dalam acara pembukaan, turut menyampaikan sambutan Menteri Luar Negeri Marty M. Natalegawa, Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanah Bolkiah Muizzaddin Waddaulah.

Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao juga diberikan kesempatan menyampaikan sambutan dan pandangannya dalam acara tahunan yang digagas Presiden SBY dan para pemimpin dunia lainnya.

Pertemuan yang digelar selama dua hari ini, dihadiri para kepala negara dan pejabat pemerintahan lainnya. Di antara pemimpin dunia yang hadir, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, Menteri Luar Negeri Azerbaijan Elmar Mammadyarov, Menlu Fiji Ratu Inoke Kuboabola, dan Wakil Presiden Partai Liberal Demokrat Jepang Masahiko Komura.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan beberapa pertemuan bilateral antara Indonesia dengan beberapa negara peserta pertemuan, seperti antara Menlu Indonesia dan Menlu Belanda, Menlu Liberia, Menlu Austrlia, dan Menlu Azerbaijan.

Sementara itu, berbeda dari pertemuan KTT APEC ke-21 yang baru saja digelar di Bali pada bulan Oktober lalu, pengamanan jalannya pertemuan tidak terlalu ketat.

Hal itu terlihat dari penempatan personel gabungan TNI dan Polri tidak terlalu mencolok dan tergolong standar pengamanan, layaknya pertemuan dunia yang hadiri para kepala negara. Semua kendaran dan orang yang akan masuk lokasi pertemuan diperiksa ketat petugas yang dilengkapi metal detector.

Jika saat APEC lalu, sepeda motor dilarang masuk arel Bali Tourism Development Corporation (BTDC) Nusa Dua, saat BDF kali ini, semua jenis kendaraan diperbolehkan masuk kawasan elit tersebut.

Demikian pula, sepeda motor juga diperbolehkan masuk ke venue tempat digelarnya BDF di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). “Silakan masuk, parkir di bawah ya,“ ujar seorang security.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)