Longsor, jalan Kabupaten Kutai Kartanegara jadi danau

Rabu, 06 November 2013 - 13:48 WIB
Longsor, jalan Kabupaten Kutai Kartanegara jadi danau
Longsor, jalan Kabupaten Kutai Kartanegara jadi danau
A A A
Sindonews.com - Akibat hujan yang terus mengguyur, sebuah jalan kabupaten di Kecamatan Sanga-sanga, Kabupaten Kutai Karatengara, Kalimantan Timur (Kaltim), putus total.

Kejadian tersebut terjadi pada Senin, 4 November 2013, sekira pukul 20.00 Wita. Akibatnya, jalur utama yang menghubungkan Kelurahan Sari Jaya dengan Kelurahan Sanga-sanga Muara putus total.

Akibat longsoran itu, jalan yang berada di sisi Sungai Meriam itu kini seperti danau dan menyatu dengan sungai. Jalan Budiyara yang berbahan cor itu putus sepanjang kurang lebih 200 meter.

Dari keterangan yang dihimpun dari warga, jalan ini merupakan satu-satunya akses yang bisa ditempuh warga sekitar. Warga juga menuding, aktivitas tambang batubara yang posisinya persis di samping jalan menjadi penyebab longsor.

“Jalan ini diapit aktivitas tambang batubara dan Sungai Meriam. Karena hujan yang terus turun, longsor dari lokasi tambang menuju sungai yang memotong jalan,” kata Keysa, seorang ibu rumah tangga warga Kelurahan Sanga-sanga Muara, Rabu (6/11/2013).

Dia menambahkan, jarak antara jalan tersebut dengan aktivitas PT Amelia Energi sangat dekat. Bahkan dari jalan itu, aktifitas tambang batubara terlihat sangat jelas. Kini aktifitas warga di 16 RT di kedua kelurahan terganggu.

Kepolisian Resor Kutai Kartanegara kini tengah menangani kasus tersebut. Selain memutuskan jalan, longsor ini juga menenggelamkan sejumlah tiang listrik dan mematahkan pipa miik Pertamina EP Field Sanga-sanga.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4598 seconds (0.1#10.140)