Tanah gerak, bangunan sekolah & rumah warga rusak

Selasa, 29 Oktober 2013 - 12:54 WIB
Tanah gerak, bangunan sekolah & rumah warga rusak
Tanah gerak, bangunan sekolah & rumah warga rusak
A A A
Sindonews.com - Satu bangunan sekolah dan rumah warga mengalami kerusakan, akibat tanah gerak di Banjarnegara, Jawa Tengah. Kondisi bangunan mengalami retak-retak, dan membuat siswa tidak tenang dalam belajar.

Hujan deras yang turun sejak tiga hari terakhir, mengakibatkan pergerakan tanah di lingkungan SDN 3 Kali Bombing, Kalibening Banjarnegara, Jawa Tengah, mengalami rusak.

Pergerakan tanah ini mengakibatkan satu bangunan perpustakaan dan bangunan kelas, serta tembok pembatas mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi berupa tembok miring, retak-retak, dan lantai rusak. Keretakan pada tembok dan lantai, terlihat jelas hingga memanjang sejauh 15 meter.

Sementara akibat terjadinya keretakan di bangunan kelas ini, para siswa mengaku merasa was-was saat belajar. Mereka khawatir saat ada hujan deras, tanah akan kembali gerak dan merobohkan bangunan sekolah.

Selain merusak bangunan rumah, pergerakan tanah juga merusak satu rumah milik seorang bidan. Tampak sejumlah dinding bangunan terlihat mengalami retak, dan tiang penyangga bangunan yang miring.

Terjadinya pergerakan tanah ini, diduga akibat tanah yang labil dan diperparah dengan turunnya hujan deras. Para siswa dan guru berharap, sekolah bisa mendapat perbaikan agar suasana belajar kembali tenang, dan siswa tidak merasa takut saat hujan deras turun.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5810 seconds (0.1#10.140)