Upacara Hari Sumpah Pemuda, 30 pelajar tumbang

Senin, 28 Oktober 2013 - 10:47 WIB
Upacara Hari Sumpah Pemuda, 30 pelajar tumbang
Upacara Hari Sumpah Pemuda, 30 pelajar tumbang
A A A
Sindonews.com - Lebih dari 30 pelajar pingsan saat mengikuti upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda, di Alun-alun Kota Jombang, Jawa Timur. Petugas kesehatan yang berjaga sampai kewalahan mengevakuasi peserta yang satu-persatu berjatuhan.

Setelah dievakuasi dari barisan, mereka kemudian digeletakkan di tempat yang sudah disediakan untuk diberi pertolongan pertama oleh tim medis. Sebagian peserta dapat langsung siuman. Namun sebagian lainnya tetap tergeletak hingga upacara selesai.

Para peserta ini jatuh pingsan, karena tiba-tiba merasa mual, dan pusing, saat mengikuti upacara. Sebagian tak kuat mengikuti upacara, karena kepanasan dan sebagian lagi karena berangkat terlalu pagi, sehingga belum sarapan.

Koordinator Tim Medis dari PMI Jombang Wahibah Zumairoh mencatat, lebih dari 30 peserta upacara yang pingsan pagi ini. Penyebabnya beragam, ada yang karena belum sarapan, ada juga yang karena cuaca terlalu panas. Namun, secara umum karena fisik peserta yang lemah.

Meski demikian, Wahibah memastikan, seluruh peserta dapat ditangani langsung oleh petugas di lapangan dan tidak ada yang sampai harus dirujuk ke rumah sakit.

Meski banyak yang pingsan, upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda, di Alun-alun Kota Jombang tetap berjalan dengan lancar. Upacara tersebut dipimpin oleh Kapolres Jombang AKBP Tri Bisono sebagai inspektur upacara.

Sedangkan para pesertanya adalah ribuan pelajar dari berbagai sekolah, ormas, PNS, dan TNI Polri.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6267 seconds (0.1#10.140)