Rumah & pabrik roboh rugi ratusan juta

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 12:35 WIB
Rumah & pabrik roboh rugi ratusan juta
Rumah & pabrik roboh rugi ratusan juta
A A A
Sindonews.com - Rumah dan pabrik pempek di Jalan Terusan Saluyu Nomor 9, Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat, tiba tiba roboh. Diduga, robohnya rumah dan pabrik itu gara-gara pembuatan gorong-gorong.

Fatimah (67), pemilik rumah, mengaku belum tahu persis berapa kerugian yang dideritanya. "Tapi kemungkinan ratusan juta," ujar Fatimah, Jumat (25/10/2013).

Selain bangunan, banyak barang berharga yang rusak karena tidak sempat diselamatkan penghuni rumah. Pabrik tempat produksi pempek pun tidak bisa dipakai, termasuk peralatannya.

"Sekarang enggak bisa produksi dulu," ungkapnya.

Padahal dalam sehari, pempek yang diproduksi di pabrik milik Fatimah beromzet cukup besar. "Sehari rata-rata Rp20 juta," jelasnya.

Praktis, kerugian yang diderita Fatimah akan jauh lebih besar. Selain bangunan rumah dan pabriknya yang roboh, ia tidak punya penghasilan sebelum pabriknya bisa kembali beroperasi.

Meski sudah dipastikan mendapat ganti rugi, belum dipastikan berapa yang akan dia dapatkan. "Kalau untuk produksi yang terhenti, belum tahu itu diganti atau tidak sama pengembang," tandas Fatimah.

Kanitreskrim Polsek Rancasari, AKP Untung Margono, mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab robohnya rumah dan pabrik itu.

"Kita masih melakukan penyelidikan. Beberapa saksi sudah diperiksa. Police line juga sudah dipasang di lokasi," tuturnya.

Selain itu, polisi juga akan berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Kota Bandung dan pengembang soal proyek itu dan kelanjutannya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7418 seconds (0.1#10.140)