Tuntut UMK, ribuan buruh tumpah ruah di Pantura

Kamis, 24 Oktober 2013 - 10:25 WIB
Tuntut UMK, ribuan buruh...
Tuntut UMK, ribuan buruh tumpah ruah di Pantura
A A A
Sindonews.com - Ribuan buruh dari Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) melakukan aksi unjuk rasa menuntut peningkatan kesejahteraan.

Para buruh, menuntut upah sebesar Rp3.095.000 untuk daerah kota dan Kabupaten Pekalongan, Pemalang, serta Batang, Jateng.

Mereka meminta Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, untuk memenuhi tuntutan buruh agar bisa hidup sejahtera. Tuntutan ini akan terus diupayakan hingga berhasil, bahkan mereka akan melakukan mogok daerah jika tuntutan tidak dipenuhi.

Massa aksi awalnya berkonsentrasi di Jalan Jendral Sudirman atau depan Markas Brimob Pekalongan. Massa kemudian melakukan konvoi di Jalan Pantura menunju kantor gubernur Jateng.

Banyaknya massa aksi membuat jalan Pantura Pekalongan - Semarang dipenuhi para buruh, hingga arus lalu lintas macet dan terjadi antrean panjang.

"Aksi ini kita gelar untuk meminta kenaikan kesejahteraan kami, yaitu upah buruh. UMK (Upah Minimum Kota) yang sebelumnya berkisar Rp900 ribu, minta untuk dinaikan menjadi Rp3.095.000. Jika hal itu tidak dipenuhi, maka kami akan melakukan mogok daerah,“ jelas koordinator aksi, yang juga Sekretaris Serikat Pekerja Nasional (SPN), Damirin, Kamis (24/10/2013).
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2462 seconds (0.1#10.140)