Anggota geng motor akan ditahan di Mapolda Jabar

Rabu, 23 Oktober 2013 - 00:49 WIB
Anggota geng motor akan ditahan di Mapolda Jabar
Anggota geng motor akan ditahan di Mapolda Jabar
A A A
Sindonews.com - Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suhardi Alius, menyatakan bakal menindak tegas geng motor yang terlibat kriminalitas di Jawa Barat. Setelah ditangkap, mereka yang berasal dari berbagai daerah akan ditahan di Mapolda Jawa Barat.

"Saya perintahkan (ke semua jajaran) tangkap yang anarkis itu. Kalau perlu buat efek jera, tahan di Mapolda (Jawa Barat). Minimal besuknya jauh," tegas Suhari di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/10/2013).

Menurutnya, tidak boleh ada ruang untuk para pelanggar hukum, termasuk geng motor. "Masyarakat butuh ketenteraman," ucapnya.

Suhardi mengatakan, masalah geng motor tidak bisa diselesaikan sendiri oleh polisi. Sinergi berbagai pihak perlu terus ditingkatkan mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Peran sekolah, masyarakat, dan keluarga juga memiliki peran penting.

"Sinergi ini yang akan kita bentuk," ungkapnya. Tapi menurutnya ada hal yang jauh lebih penting ketimbang memberantas geng motor. Akar masalahnya perlu diketahui agar persoalan geng motor bisa diselesaikan sampai ke akarnya.

"Masyarakat menilai di muaranya, tidak berpikir kenapa terjadi seperti itu. Ini kita coba gali supaya lebih bijak," tuturnya.

Ada latar belakang kenapa mereka masuk geng motor, apalagi sampai berbuat tindakan kriminalitas. Itu juga persoalan yang perlu dituntaskan.

Hal serupa juga perlu dilakukan untuk memberantas tindakan premanisme. "Mari kita urai semuanya, tapi yang jelas kalau tindakan pidana kita tindak," kata Suhardi.

Bahkan ia mengaku akan bertindak tegas pada oknum polisi yang membackingi aksi premanisme di masyarakat. "Pasti akan saya tindak," pungkasnya.

Baca juga: ITB desak polisi tangkap geng motor aniaya mahasiswa
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8468 seconds (0.1#10.140)