Koki pernikahan Raja Yogyakarta mahasiswa perhotelan

Selasa, 22 Oktober 2013 - 03:17 WIB
Koki pernikahan Raja Yogyakarta mahasiswa perhotelan
Koki pernikahan Raja Yogyakarta mahasiswa perhotelan
A A A
Sindonews.com - Perayaan pesta pernikahan putri keempat raja Keraton Yogyakarta GKR Hayu dengan KPH Notonegoro, memiliki jumlah dan variasi makanan yang banyak dan beragam. Menyadari hal tersebut, belasan juru masak dari lingkungan luar keraton ikut dilibatkan.

"Jika memang hanya mengandalkan juru masak kami dari Bale Raos, tentu tidak akan mampu melayani semua masakan yang akan dihidangkan. Karenanya, kami melibatkan juru masak seperti siswa SMK bidang boga atau mahasiswa akademi perhotelan," ujar Koordinator Jamuan Hidangan Dhaup Ageng Sumartoyo, kepada wartawan, Senin (21/10/2013).

Kendati begitu, dia menjamin para siswa dan mahasiswa itu profesional dalam menjalankan tugasnya memasak. Menurutnya, semua pengelolaan makanan yang dilakukan selama acara pernikahan anggota keluarga keraton selalu mengedepankan higienitas, kualitas dan pelayanan terbaik. Sehingga pihak yang dilibatkan pun tidak boleh sembarangan.

"Selain itu, kami bermaksud memberikan kesempatan bagi para siswa maupun mahasiswa ini untuk belajar masakan Yogyakarta yang sebenarnya dan tentu menjadi pengalaman menarik, serta kebanggaan tersendiri bagi mereka," imbuhnya.

Disinggung mengenai resep rahasia, Sumartoyo menuturkan, semua resep masakan kerajaan yang diolah tidak memiliki resep khusus. Menurutnya, resep yang diketahui banyak orang pun tidak menjadi masalah, karena tidak semua orang akan mampu membuat masakan kerajaan yang pas sesuai yang diinginkan.

"Kami percaya tidak semua orang bisa memasak sesuai dengan rasa yang sebenarnya. Karenanya, kami melakukan tes kualitas dan rasa pada tiap masakan yang selesai dimasak sebelum disajikan pada para tamu undangan," paparnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5317 seconds (0.1#10.140)