KPU Tana Toraja rekrut relawan demokrasi

Minggu, 20 Oktober 2013 - 14:29 WIB
KPU Tana Toraja rekrut relawan demokrasi
KPU Tana Toraja rekrut relawan demokrasi
A A A
Sindonews.com - Guna meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja segera membentuk relawan demokrasi.

“Dalam waktu dekat, kami segera membentuk kelompok atau relawan demokrasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih baik dalam pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden tahun 2014,” ujar Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa di Makale, Sulawesi Selatan, Minggu (20/10/2013).

Dia mengatakan, program relawan demokrasi merupakan program yang digagas KPU melalui gerakan sosial yang melibatkan peran serta masyarakat sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya. Relawan demokrasi terdiri dari lima segmen pemilih strategis yakni pemilih pemula, kelompok agama, kelompok perempuan, kelompok penyandang disabilitas dan kelompok pinggiran.

"Segmentasi lima pemilih tersebut dilakukan karena tidak semua komunitas mampu dijangkau oleh program KPU. Selain itu, segmentasi lima pemilih tersebut adalah strategis baik dari sisi kuantitas maupun pengaruhnya dalam dinamika sosial politik berbangsa dan bernegara," ucapnya.

Menurutnya, perekrutan anggota relawan demokrasi dilakukan langsung oleh KPU Tana Toraja. Persyaratan untuk menjadi anggota relawan demokrasi diantaranya, berumur 17 tahun, bukan pengurus partai politik dan terdaftar sebagai pemilih serta memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.

"Anggota relawan demokrasi bertugas melakukan sosialisasi pentingnya pemilu bagi masyarakat. Mereka akan disebar di setiap segmen pemilih untuk menjadi penyuluh demokrasi di setiap komunitasnya," ungkapnya.

Dicontohkannya, seorang relawan demokrasi berasal dari salah satu komunitas sepeda, maka dirinya akan melakukan sosialisasi di kalangan komunitas sepeda yang ada di Tana Toraja.
“Relawan demokrasi akan melakukan sosialisasi dalam komunitasnya betapa pentingnya pemilu bagi masyarakat,” ujar Rizal.

Dia mengatakan, sebelum bertugas melakukan sosialisasi, para angota relawan demokrasi yang direkrut akan diberikan bimbingan teknis cara melakukan sosialisasi yang baik dan benar. Diharapkan, program relawan demokrasi ini mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada akhirnya, relawan demokrasi ini dapat menggerakkan masyarakat tempat mereka berada agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana dan penuh tanggungjawab. Dengan begitu, partisipasi pemilih dan kualitas pemilu 2014 dapat lebih baik dibanding pemilu-pemilu sebelumnya.

“Kami berharap, sosialisasi melalui program relawan demokrasi, partisipasi pemilih pada pemilu 2014 di kabupaten Tana Toraja bisa meningkat,” ujarnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3831 seconds (0.1#10.140)