Pergub penyelamatan Gunung Padang belum rampung

Kamis, 17 Oktober 2013 - 15:01 WIB
Pergub penyelamatan...
Pergub penyelamatan Gunung Padang belum rampung
A A A
Sindonews.com - Peraturan gubernur (pergub) tentang penyelamatan situs Gunung Padang hingga hari ini belum rampung. Saat ini, pergub masih disusun sebelum disahkan.

"Ini sekarang lagi diproses. Insya Allah (secepatnya) selesai," ujar Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/10/2013).

Pergub itu diperlukan untuk mempertegas upaya penyelamatan dan pengamanan Gunung Padang. Tujuannya agar situs tersebut tidak dirusak pihak tertentu.

Menurutnya, penyelamatan perlu dilakukan lebih dulu sebelum mengambil langkah berikutnya, yaitu penelitian lanjutan. "Kita selesaikan pergubnya dulu," ucap Deddy.

Sementara terkait pengelolaan dan penelitian situs Gunung Padang yang akan diserahkan ke pemerintah pusat, ia mengaku sudah menyampaikannya ke Tim Mandiri Riset Terpadu. Tim itu merupakan kumpulan para peneliti yang dikoordinir Staf Khusus Presiden Bidang Sosial dan Bencana, Andi Arief.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), mengatakan dalam rangka pengamanan Gunung Padang akan dilakukan berbagai hal.

"Untuk pengamanan yang penting kita selamatkan dulu, jangan sampai ada yang hilang. Ada standar pengamanannya. Kalau diperlukan, kita akan kerjasama dengan aparat," jelasnya.

Sementara terkait pengelolaan Gunung Padang nantinya, Aher akan menyambut baik jika pemerintah pusat menyerahkannya pada Pemprov Jawa Barat setelah penelitian dan pemugaran selesai.

"Kalau nanti pengelolaannya diserahkan ke kita, kita sangat terbuka dan menerima," tandasnya.

Baca juga: Situs Gunung Padang, 10 kali lipat luas Candi Borobudur
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)