Hubungan arus pendek listrik bisa terjadi karena...

Kamis, 10 Oktober 2013 - 19:41 WIB
Hubungan arus pendek listrik bisa terjadi karena...
Hubungan arus pendek listrik bisa terjadi karena...
A A A
Sindonews.com - Kebakaran selalu menjadi masalah yang tak kunjung tuntas di tengah masyarakat. Pasalnya bila hal itu terjadi, korban harta dan jiwa menjadi sesuatu yang lumrah. Penyebab kebakaran sendiri terdiri atas beberapa faktor, bisa karena kalalaian atau karena hubungan arus pendek listrik. Lantas, mengapa hubungan arus pendek listrik bisa terjadi?.

Gunawan, Kasubag PU Pemadam Kebakaran Kabupaten Karawang, menjelaskan arus pendek listrik atau konsleting terjadi karena warga kerap menggunakan listrik melebihi kapasitas yang telah ditentukan.

"Pemakaian listrik kadang melebihi kapasitas penggunaan, misal jika warga hanya dapat memakai listrik sekira 900 watt kadang pemakaian tersebut melebihi itu, akibatnya konsleting pun terjadi, karena panas, akhirnya meleleh dan terjadilah percikan api yang mengenai bahan yang mudah terbakar," ujarnya, Kamis (10/10/2013).

Contoh kasus, lanjutnya, seperti banyaknya colokan yang tidak pas, akibatnya konsleting terjadi karena colokan yang tidak pas tesebut panas dan melelehkan bahan di sekitarnya hingga akhirnya terjadi konsleting dan memicu percikan api.

Pihaknya sendiri tengah melakukan koordinasi kepada pihak PLN, namun pihak PLN sendiri menjawab bahwa pemasangan listrik yang dilakukannya sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia).

"Kata mereka, pemasangan sudah sesuai dengan standar hanya saja pengguna listrik kadang berlebihan menggunakan listrik," ujarnya.

Pihaknyapun mengimbau kepada warga Karawang agar berhati-hati dalam pemasangan instalasi listrik sesuai standar PLN.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5637 seconds (0.1#10.140)