Dijadikan petugas kebersihan, gepeng di Bandung kabur

Kamis, 03 Oktober 2013 - 15:14 WIB
Dijadikan petugas kebersihan, gepeng di Bandung kabur
Dijadikan petugas kebersihan, gepeng di Bandung kabur
A A A
Sindonews.com - Sekitar 50 gelandangan-pengemis (gepeng) yang telah dirazia petugas gabungan, kini menempati mess Persib di Stadion Sidolig Jalan Ahmad Yani. Namun, hanya sebagiannya yang menuruti Pemkot Bandung untuk diberdayakan jadi petugas kebersihan.

Bagi yang bertugas membersihkan jalanan, Pemkot memberlakukan gaji Rp40.000 sehari. "Hari pertama ada 16 orang, ada dua yang mundur mungkin pulang kampung, sekarang ada 25 orang," ujar Direktur PD Kebersihan Cece Iskandar di Stadion Sidolig, Kamis (3/10/2013).

Menurutnya, tidak semua gepeng yang telah di razia berkenan untuk bekerja. "Dari 32 saja yang maunya hanya 16. Alasannya kondisi fisik tidak menunjang dan ada yang masih anak kecil. Tapi ada juga yang mampu, tapi tidak mau," kata Cece.

Dengan gaji Rp40.000 per hari, mereka dipekerjakan pada shift dua. "Petugas ini disebar ke perempatan-perempatan. Dua orang masing-masing titik yaitu di Cicaheum, Cicadas, Simpang Lima, Supratman-Ahmad Yani, Pasar Kosambi, RE Martadinata-Ahmad Yani, dan Gatot Subroto-Kiaracondong," terang Cece.

Menurut Cece, anggaran gaji sudah dialokasikan sejak awal oleh perusahaan. Sehingga, meskipun program mempekerjakan gepeng terbilang baru, tak perlu meminjam anggaran dari pos lain. "Ini memang bea karyawan yangsudah dialokasikan sejak awal, sebagian kan sudah pensiun," katanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6156 seconds (0.1#10.140)