Tertibkan parkir liar, Dishub Bandung siapkan 100 gembok

Kamis, 03 Oktober 2013 - 11:51 WIB
Tertibkan parkir liar, Dishub Bandung siapkan 100 gembok
Tertibkan parkir liar, Dishub Bandung siapkan 100 gembok
A A A
Sindonews.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat menyiapkan 100 gembok khusus untuk dipinjam-pakai ke Dishub Kota Bandung dalam rangka penertiban kendaraan yang parkir sembarangan.

"Kita baru selesai untuk pengadaan 100 gembok. Itu untuk dipinjam-pakai di Kota Bandung," kata Kadishub Jawa Barat Dedi Taufik, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/10/2013).

Nantinya, mobil yang parkir sembarangan akan digembok bannya. Untuk melepaskan gembok itu, praktis si pemilik kendaraan harus berurusan dulu dengan petugas di lapangan.

Pemilik kendaraan akan dikenakan sanksi sesuatu aturan perparkiran atau lalu lintas. "Itu buat efek jera bagi pemilik kendaraan agar tidak parkir di sembarang tempat," ungkapnya.

Bantuan itu diberikan karena selama ini Dishub Kota Bandung memiliki keterbatasan gembok. "Kita juga siap mendukung dari sisi personel," ucap Dedi.

Penertiban kendaraan pernah dilakukan beberapa waktu dengan menggembok kendaraan yang parkir sembarangan. Tapi hal itu hanya gebrakan saja, karena beberapa hari setelahnya parkir liar kembali marak dan tidak ditindak petugas.

Disinggung hal itu, Dedi menyebut penertiban memang harus dilakukan setiap hari. "Tapi masa tiap hari masyarakat harus diawasi," terangnya.

Justru setelah ada penindakan seperti itu, harusnya masyarakat sadar dan tidak lagi parkir sembarangan. Sementara ke depan, sosialisasi penegakan aturan menurutnya akan terus dilakukan.

Sementara selain dipinjam-pakai ke Kota Bandung, gembok itu nantinya juga akan dipinjam-pakai ke kabupaten/kota lain yang ada di Jawa Barat.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4308 seconds (0.1#10.140)