Mamuju diguncang gempa 5,1 SR

Minggu, 29 September 2013 - 13:02 WIB
Mamuju diguncang gempa 5,1 SR
Mamuju diguncang gempa 5,1 SR
A A A
Sindonews.com - Gempa bumi terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (29/9/2013) pagi. Kejadian yang terjadi sekira pukul 09.30 Wita itu sempat mengangetkan warga. Sebagian besar ibu rumah tangga di kawasan Tambayako bahkan lari terbirit-birit meninggalkan aktivitas mereka menjemur pakaian.

"Saya kaget melihat rumah sedikit bergoyang dan tanah seperti bergelombang. Memang kecil, tapi saya khawatir gempa semakin besar," tutur salah seorang ibu rumah tangga, Nurlaela.

Dari pantauan di lapangan, gempa ini hanya dirasakan di sebelah selatan kota Mamuju. Khususnya yang dekat dengan pantai. Warga di pusat kota sama sekali tidak merasakan gempa. Tidak ada kerusakan rumah apalagi korban jiwa dalam bencana ini.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD), Darno Madjid, mengaku mendapat laporan adanya gempa tersebut.

Dia yang sedang berada di wilayah Kecamatan Papalang Mamuju, segera memerintahkan anggotanya untuk melihat data yang ada di kantornya di kawasan Rangas. Darno juga mengaku tidak merasakan adanya gempa di sekira 65 kilometer sebelah utara kota Mamuju itu.

"Berdasarkan catatan yang diberikan BPBD Sulbar, gempa berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) pukul 09.30 WITA. Lokasi gempa berada di 2.32 Lintang Selatan dan 119.23 Bujur Timur atau 17 kilometer sebelah barat daya Mamuju dengan kedalaman 10 kilometer. Melihat lokasi ini, pusat gempa ada di laut."

"Saya ada di Papalang dan tidak merasakan gempa. Saya juga tidak tahu penyebabnya, apalagi kalau dilihat angka kekuatan gempa cukup besar. Data itu laporan anggota saya dari kantor," katanya melalui telepon.

Kekuatan gempa itu ternyata juga tidak berpengaruh pada nelayan yang sedang memancing. Mereka tetap berada di tempatnya dan tidak menunjukkan adanya kepanikan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5498 seconds (0.1#10.140)