Bayi kembar siam Grisela-Griselda butuh spoon

Rabu, 25 September 2013 - 20:31 WIB
Bayi kembar siam Grisela-Griselda butuh spoon
Bayi kembar siam Grisela-Griselda butuh spoon
A A A
Sindonews.com - Pasca operasi pemisahan kembar siam, kondisi Grisela dan Griselda masih kritis. Masa kritis bayi nahas itu diperkirakan hingga seminggu ke depan. Meski demikian, secara umum bayi kembar siam asal Wiyung, Surabaya, ini sudah stabil. Namun, pihak rumah sakit tetap warpada.

“Selesai operasi sampai sekarang masih di ICU. Masa kritis biasanya sampai seminggu pascaoperasi, tapi secara umum stabil,” ujar Ketua Tim Pusat Penanganan Kembar Siam Terpadu (PPKST) RSU dr Soetomo Surabaya dr Agus Harianto, kepada wartawan, Rabu (25/9/2013).

Ditambahkan dia, operasi pemisahan yang diprediksi memakan waktu 12 jam hanya membutuhkan waktu 6 jam. Putri pasangan Agus Riyadi dan Bomber Listiasih, warga Wiyung, Surabaya, ini sudah stabil.

"Beberapa kemungkinan buruk yang diwaspadai tim dokter adalah timbulnya infeksi pascaoperasi dan pendarahan. Hal itu disebaban luka operasi keduanya relatif lebar. Grisela memiliki luka opreasi selebar 4 cm x 4 cm. Sedangkan Griselda selebar 10 cm x 9 cm," terangnya.

Luka bekas operasi ini memang menjadi tersendiri. Pasalnya, kondisi pasien yang masih bayi sehingga tidak dapat menutup luka bekas operasi dengan kulit dari bagian tubuh lain.

"Untuk menutup luka tersebut digunakan busa atau spoon khusus. Ini yang jadi masalah, karena busa ini tidak dicover Jamkesmas sehingga keluarganya harus menanggung biaya ini,” bebernya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bayi kembar siam Wiyung lahir pada Minggu 14 Juli 2013 dengan berat total 5.400 gram. Bayi ini lahir di Rumah Sakit Ibu dan Anak Graha Medika Babatan, Wiyung-Surabaya. Bayi tersebut menyatu pada bagian panggul.

Dengan demikian, keduanya hanya memiliki satu anus. Istilah medisnya adalah kembar siam jenis pygopagus. Itu adalah kembar siam dempet panggul yang termasuk langka.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3793 seconds (0.1#10.140)