Potong janin menempel, lidah Ginan dikorbankan

Rabu, 25 September 2013 - 16:05 WIB
Potong janin menempel,...
Potong janin menempel, lidah Ginan dikorbankan
A A A
Sindonews.com - Operasi yang dilakukan tim dokter RS Hasan Sadikin (RSHS) terhadap Ginan Septian Nugraha berjalan lancar. Tapi dari operasi itu, Ginan ternyata tidak bisa menutup mulutnya alias selalu menganga.

Dicky Drajat, anggota tim dokter, mengatakan parasit yang sempat menempel di mulut Ginan memiliki dampak negatif meski sudah dipisahkan.

"Mungkin karena tarikan atau beban yang berat sehingga rahangnya terganggu. Sendi rahangnya sudah tidak pada tempatnya," kata Dicky di RSHS, Kota Bandung, Rabu (25/9/2013).

Tak hanya itu, lidah Ginan juga terpaksa dipotong sebagian untuk melepaskan parasit yang menempel di lidah dan rahang bagian bawah.

"Sebagian lidahnya memang terambil karena sebagian ototnya rusak," ucapnya.

Mau tidak mau, demi menyelamatkan nyawa Ginan, parasit itu harus dipotong meski ada bagian lidah yang juga harus ikut dipotong.

"Yang jelas tujuan dari operasi ini untuk penyelamatan jiwa Ginan dulu, kita bebaskan tumornya dulu," jelas Dicky.

Dampak dari operasi itu, Ginan akan mengalami kesulitan dalam bicara. "Tentu akan terjadi gangguan dalam berbicara," tuturnya.

Kemungkinan, akan dilakukan rekonstruksi untuk memperbaiki lidah dan rahang agar fungsinya minimal bisa mendekati normal.

"Ke depan mungkin perlu rekonstruksi lebih lanjut, mungkin akan melibatkan juga rehabilitasi," kata Rizki, doktr ahli bedah yang juga anggota tim.

Disinggung apakah rekonstruksi nantinya akan membuat Ginan bisa bicara normal, ia mengatakan tim dokter akan melakukan upaya terbaik. "Insya Allah," ucap Rizki.

Kini, Ginan terus dalam pemantauan tim dokter. Observasi akan terus dilakukan untuk memastikan apakah Ginan perlu dioperasi lebih lanjut atau tidak.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5101 seconds (0.1#10.140)