Hari tani, mahasiswa fakultas pertanian turun ke jalan

Selasa, 24 September 2013 - 14:28 WIB
Hari tani, mahasiswa fakultas pertanian turun ke jalan
Hari tani, mahasiswa fakultas pertanian turun ke jalan
A A A
Sindonews.com - Peringatan hari tani nasional hari ini, diwarnai aksi demonstrasi ratusan mahasiswa dari fakultas pertanian di sejumlah perguruan tinggi di Makassar. Aksi demonstrasi dipusatkan di fly over Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam aksinya, mahasiswa menolak kebijakan impor beras yang dilakukan oleh pemerintah, karena dinilai merugikan petani dalam negeri. Selain berorasi, mahasiswa juga menggelar aksi teaterikal.

Aksi teaterikal dimaknai sebagai simbol tertindasnya petani atas segala kebijakan pemerintah, seperti impor beras dan pengurangan subsidi pupuk bagi para petani.

Para mahasiswa menilai, Indonesia memiliki lahan pertanian yang luas dan mampu memproduksi beras. Bahkan, Sulawesi Selatan surplus beras satu juta ton.

Menurut mahasiswa, impor beras hanya dinilai akal-akal pemerintah untuk meperoleh keuntungan, seperti halnya impor daging sapi. Namun di waktu yang sama, kebijakan itu sangat merugikan kaum petani.

Secara umum, kebijakan pemerintah belum bisa mengangkat derajat petani Indonesia. Apalagi nelayan. Hingga kini, di tangan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono, petani belum menerima perlindungan yang layak, terlebih terhadap serbuan produk impor.

Aksi mahasiswa diakhiri di Gedung DPRD Sulsel. Di sini, mahasiswa kembali menyampaikan orasi politiknya. Mereka juga meminta kepada wakil rakyat Sulsel untuk membawa tuntutan mereka ke pemerintah pusat.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7410 seconds (0.1#10.140)