Hadiri APEC, kepala negara diberi souvenir Patung GWK

Senin, 23 September 2013 - 14:06 WIB
Hadiri APEC, kepala negara diberi souvenir Patung GWK
Hadiri APEC, kepala negara diberi souvenir Patung GWK
A A A
Sindonews.com - Hadiah suovenir berupa patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) telah disiapkan untuk 21 kepala negara yang akan hadir dalam KKT APEC pada awal Oktober ini.

Patung GWK dipilih karena memiliki nilai filosofi tinggi dan menjadi ikon budaya Bali. Hanya saja, patung GWK berbeda dengan patung GWK yang dibuat perupa kondang asal Bali Nyoman Nuarta yang berlokasi di taman GWK Bukit Ungasan Kecamatan Kuta Selatan.

Patung GWK bikinan seniman asal Badung ini diklaim lebih lengkap dengan ukuran lebih kecil dan sama. "Saya sudah sampaikan rencana hadiah patung GWK dan Presiden SBY sudah menyetujui, beliau langsung yang akan memberikan," ujar Bupati Badung, Anak Agung Gede Agung.

Dia memastikan 21 kepala negara termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan akan mendapatkan hadiah tersebut. Patung hadiah untuk kepala negara anggota APEC itu, adalah padawang nala, ada naga taksaka, Dewa Wisnu yang sedang membawa cakra dan garuda.

Untuk pembuatan patung tersebut dibuat perajin lokal asal Desa Jagapati, Angantaka dan Sedang Kecamatan Abiansemal atau lebih dikenal dengan istilah JAS. Kayunya berbahan kayu lokal dan dijamin merupakan kayu legal.

"Jadi kayunya adalah kayu lokal, dibuat oleh pengrajin lokal," tegasnya sembari menolak menyebutkan harga per patungnya.

Yang pasti, misinya adalah pemberdayaan perajin lokal, sehingga bisa menjadi sarana promosi budaya dan pariwisata Bali secara gratis, apalagi diberikan kepada kepala negara di kawasan Asia Pasifik.

Baca berita lengkap seputar APEC di sini
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8002 seconds (0.1#10.140)
pixels