Panwaslu minta KPU perbaiki komputerisasi

Rabu, 18 September 2013 - 05:38 WIB
Panwaslu minta KPU perbaiki komputerisasi
Panwaslu minta KPU perbaiki komputerisasi
A A A
Sindonews.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kulonprogo meminta KPU setempat memperbaiki sistem komputerisasi. Ini dilakukan untuk menghindari kesalahan pemutakhiran data pemilih tetap (DPT) dari pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP).

Ketua Panwaslu Kulonprogo Pujarasa Satuhu mengatakan, permintaan agar KPU memperbaiki komputerisasi sudah disampaikan saat berkoordinasi di provinsi.

“Kami minta karena DPT ini roh pemilu,” kata Pujarasa, Selasa (17/9/2013).

Dia mengatakan, sejauh ini kesalahan dalam pemutakhiran data terus terulang. KPU ternyata masih memasukan pemilih yang sudah meninggal, ganda, TNI/Polri aktif dalam perbaikan DPSHP menjadi DPT. Dia ingin saat revisi DPT 11 Oktober, kesalahan ini tidak lagi ditemukan.

“Kalau DPT ada yang tidak valid, akan menimbulkan masalah saat pemilu nanti. Dan itu nanti bisa berujung dengan sengketa Pemilu. Karena itu kami meminta KPU untuk meminimalisir sedini mungkin,” katanya.

Menurut Puja, permintaan agar KPU memperbaiki sistem komputerisasi bukan tanpa alasan. Saat koordinasi di provinsi, KPU beralasan, kesalahan terjadi pada sistem komputer mereka. Akibatnya, data error sulit untuk diperbaiki.

”Kalau kurang input data, kami minta ditambah. Dan kalau kesalahan di sistem, komputer yang diperbaiki,” terangnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7074 seconds (0.1#10.140)