Gunung Marapi meletus, warga diminta menjauh

Selasa, 17 September 2013 - 16:55 WIB
Gunung Marapi meletus, warga diminta menjauh
Gunung Marapi meletus, warga diminta menjauh
A A A
Sindonews.com - Setelah aktivitasnya meningkat sejak meletusnya Gunung Sinabung, Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat (Sumbar) bereaksi penuh. Tercatat untuk hari ini saja sudah lima kali gunung tersebut mengeluarkan material dari perutnya.

Kepala Pos Pengamat Gunung Api Marapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Warseno, mengatakan dari catatan pemantauan yang dilakukan, gunung ini sudah mulai meningkatkan aktivitasnya sejak Gunung Sinabung meletus.

"Dan hari ini sampai pukul 15.15 WIB ada lima kali gunung tersebut mengeluarkan abu, batu dan gas belerang dari dalam kawah gunung," katanya, Selasa (17/9/2013)

Gunung ini meletus mulai pukul 08.35 Wib, 09.38 Wib, 10.37 Wib, 12.35 Wib dan 15.15 Wib. "Letupan itu tingginya dari 100 meter sampai 600 meter," ujarnya.

Lanjut Warseno, meski meningkatnya aktivitasnya tidak ada kaitannya dengan Gunung Sinabung dengan Marapi termasuk dengan Talang. "Itu tidak ada kaitannya, soalnya masing-masing gunung ini memiliki dapur magma sendiri," katanya.

Atas kondisi ini, masyarakat diminta untuk menjauhi gunung tersebut dalam radius tiga kilometer, termasuk untuk pendaki Gunung Marapi dilarang mendaki dulu.

"Untuk pendaki sementara ini batalkan dulu karena risikonya sangat tinggi, kalau masyarakat juga tidak perlu panik dalam aktivitas gunung Marapi ini," pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8001 seconds (0.1#10.140)