1.174 polisi amankan debat kandidat Pilkada Makassar

Jum'at, 13 September 2013 - 17:41 WIB
1.174 polisi amankan...
1.174 polisi amankan debat kandidat Pilkada Makassar
A A A
Sindonews.com - Kapolda Sulselbar Irjen Pol Burhanuddin Andi mengumpulkan seluruh pejabat di jajaran Polrestabes Makassar.

Rapat yang terkesan mendadak tersebut, diduga kuat membahas suhu politik yang semakin rawan menjelang Pilkada Makassar dalam tiga hari terakhir ini.

Selain dihadiri Pjs Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Baharuddin Jafar, hadir pula seluruh Kapolsek di jajaran Polrestabes.

Belum diketahui pasti inti dari pengarahan Kapolda yang berlangsung sekitar dua jam itu. Pertemuan ini berlangsung tertutup bagi wartawan.

Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Endi Sutendi yang dikonfirmasi, membenarkan jika pertemuan yang dipimpin Kapolda ini membahas pengamanan Pilkada Makassar.

"Kapolda hanya menekankan kalau petugas Polri harus netral dalam setiap masalah yang ada di Pilkada Makassar," katanya, Jumat (13/9/2013).

Burhanuddin Andi, kata Endi, juga meminta kepada seluruh anak buahnya untuk siap, mulai dari diri personel dan peralatan pengamanan, dalam menghadapi kerawanan gangguan kamtibmas dalam momen pilkada.

Pengarahan Kapolda tersebut berlangsung mulai pukul 14.00 Wita hingga pukul 16.30 Wita sore.

Dalam tiga hari terakhir ini, Panwas Makassar menyita ribuah paket sembilan bahan pokok (sembako) dari sejumlah kandidat peserta pilkada, yang akan dibagikan ke masyarakat.

Bahkan, massa dari tiga pasangan kandidat, mengepung dan mengancam sejumlah petugas di Kantor Panwas Makassar di Jalan Anggrek Raya.

Menyikapi kasus ini, Polrestabes dan Polda Sulselbar menyerahkan sepenuhnya kepada Panwas Makassar untuk diselidiki lebih lanjut.

"Kalau memang terbukti ada unsur pidana pilkada, baru dilimpahkan ke penyidik kepolisian," beber Endi kepada KORAN SINDO.

Sementara itu, sedikitnya 1.174 personel diturunkan untuk mengamankan debat kandidat ke-10 kontestan Pilkada Makassar di Aula Prof Amiruddin, Kampus Unhas Makassar, Sabtu 14 September.

Untuk antisipasi gesekan antara massa kandidat, polisi membagi pengamanan dalam empat ring. Mulai dari luar Kampus Unhas, hingga di dalam arena debat kandidat.

"Khusus di dalam area debat kandidat, kita tempatkan 137 orang personel. Selebihnya, berjaga di ring dua hingga ring empat," kata Endi Sutendi.

Khusus pengamanan massa dan tim pemenangan tiap kandidat, aparat kepolisian telah menyiapkan skema pengamanan hingga tak terjadi benturan.

"Itu sudah kita susun. Kita harapkan juga tiap kandidat mengimbau massanya agar bisa tertib dan tidak terprovokasi," pungkasnya.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polrestabes Makassar AKBP Ridwan mengatakan, ribuan personil yang diturunkan merupakan gabungan dari personil Polri dan perbantuan TNI.

Menurutnya, selain personil Polrestabes, juga diback-up dari Dit Samapta dan Brimob Polda Sulselbar, serta Kodam VII/Wirabuana.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3929 seconds (0.1#10.140)