Empat polsek siap amankan Pilkada Cirebon

Senin, 09 September 2013 - 17:50 WIB
Empat polsek siap amankan Pilkada Cirebon
Empat polsek siap amankan Pilkada Cirebon
A A A
Sindonews.com - Empat kepolisian sektor (polsek) di wilayah administrasi Kabupaten Cirebon yang masuk bagian Kepolisian Resort (Polres) Cirebon Kota mulai disiagakan untuk pengamanan Pilkada Kabupaten Cirebon 6 Oktober mendatang.

Penyiagaan pasukan dilakukan melalui apel yang dihadiri para personel dari keempat polsek di Mapolres Cirebon Kota, Senin (9/9/2013). Keempat polsek itu sendiri yakni Kapetakan, Gunung Jati, Mundu, dan Kedawung.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Dani Kustoni menyatakan, konflik sosial merupakan hal yang patut diwaspadai dalam penyelenggaraan pilkada ini. Namun dia meyakinkan, sejauh ini belum ada kerawanan yang terjadi terkait pemilihan bupati-wakil bupati Cirebon.

“Sampai kini belum ada kerawanan terkait pilbup. Namun sebagai antisipasi, jangan sampai terjadi konflik sosial,” papar dia usai apel operasi Praja Jati.

Kepala Bagian Operasi Polres Cirebon Kota, Kompol Wawan Sumantri sementara itu menyebutkan, pengamanan Pilkada Kabupaten Cirebon melibatkan 271 personel. Selain dari keempat polsek yang berada di wilayah Kabupaten Cirebon, Polres Cirebon Kota pun akan menambahkan personel satgas untuk turut berpartisipasi dalam pengamanan tersebut.

“Kami libatkan 271 personel, terdiri dari dua per tiga kekuatan masing-masing polsek (yang ada di Kabupaten Cirebon), ditambah satgas Polres Cirebon Kota,” tutur dia.

Pengamanan sendiri, lanjut dia, dilakukan sebagai antisipasi terhadap kegiatan pilkada, seperti kampanye, masa tenang, pemungutan, penghitungan, hingga penetapan dan pelantikan kepala daerah baru yang terpilih nanti. Bahkan, rencananya pengamanan juga diberlakukan terhadap kegiatan debat kandidat keenam calon yang dilakukan di salah satu stasiun televisi lokal Cirebon.

Lebih jauh, Polres Cirebon Kota sendiri akan tetap berkoordinasi dengan Polres Cirebon Kabupaten berkaitan dengan pengamanan pilkada tersebut. Operasi Praja Jati itu sendiri akan berlangsung hingga Oktober mendatang, pasca proses pemilihan berakhir.

Seperti diketahui, meski secara administratif keempat polsek tersebut berada di wilayah pemerintahan Kabupaten Cirebon, sejak sekitar awal tahun ini telah resmi menjadi berpindah kewenangan dari Polres Cirebon Kabupaten ke Polres Cirebon Kota. Pemindahan kewenangan itu pun otomatis membuat Polres Cirebon Kota kini berpartisipasi langsung dalam pengamanan Pilkada Kabupaten Cirebon.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6170 seconds (0.1#10.140)