Pariwisata Indonesia jangan hanya andalkan Bali

Jum'at, 06 September 2013 - 09:07 WIB
Pariwisata Indonesia jangan hanya andalkan Bali
Pariwisata Indonesia jangan hanya andalkan Bali
A A A
Sindonews.com - Indonesia dinilai memiliki banyak potensi parwisata yang bisa dikembangkan untuk menjaring wisatawan asing sebagai sumber devisa negara. Salah satunya Bali yang terkenal sebagai salah satu magnet masyarakat dunia lewat keindahan dan budayanya.

Menurut Pengusaha Nasional Hary Tanoesoedibjo, Pulau Bali yang dikenal sampai ke mancanegera memang memiliki potensi pariwisata yang perlu terus dikembangkan. Hanya saja, katanya, yang perlu dilakukan Bali adalah perlu terus menambah infrastruktur seperti jalan sebagai pelengkap untuk memanjakan para oengunjungnya.

"Bali sekarang sudah makin macet, harus cepat diatasi dengan mengembangkan infrastruktur," ujar CEO MNC Group ini, disela lawatannya, di Bali, Kamis (5/9/2013).

Menurutnya, dengan penyediaan infrastruktur yang baik maka hal itu bisa membuat kenyamanan wisatawan saat berlibur. Dengan begitu akan banyak wisatwan asing cepat datang banyak di Pulau Seribu Pura ini dan itu berarti akan banyak devisa negara masuk.

Namun dibalik gemerlapnya pariwisata Bali, dia mengingatkan agar Pariwisata Indonesia tidak hanya bergantung pada pariwisata Bali.

"Saya ingin garis bawahi, jangan hanya mengandalkan Bali, Indonesia bukan hanya Bali saja, Indonesia itu besar," imbuh Cawapres Partai Hanura ini.

Banyak potensi pariwisata daerah lainnya di Tanah Air yang bisa dikembanhkan seperti Lombok, Sulawesi Utara dengan Pulau Bunaken, Sumatra Utara, Jawa Tengah dengan Borobudur dan Jawa Timur dengan Gunung Bromonya.

"Masih banyak daerah wisata yang bisa dikembangkan dan menjadi penting sekali karena bisa menjaring wisatawan asing yang cukup banyak. Semua daerah tujuan wisata itu berpotensi besar untuk menarik turis masuk ke Indonesia atau ke dalam negeri," tukasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2999 seconds (0.1#10.140)