Wamendikbud buka Olimpiade Sains Nasional di Bandung

Selasa, 03 September 2013 - 14:17 WIB
Wamendikbud buka Olimpiade Sains Nasional di Bandung
Wamendikbud buka Olimpiade Sains Nasional di Bandung
A A A
Sindonews.com - Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-XII digelar mulai hari ini hingga 8 September di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Jawa Barat.

Pembukaan dilakukan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muslia Kasim, dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Secara keseluruhan, OSN diikuti sekira 3.600 peserta dari seluruh Indonesia mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK, PKLK Pendidikan Menengah, dan guru.

Khusus pelaksanaan OSN khusus jenjang SD telah dilaksanakan pada 2-7 Juni lalu di Bandung. Sedangkan jenjang SMP pada 15-20 Juni di Batam.

Jenis lomba dalam OSN meliputi mata pelajaran matematika, IPA, fisika, kimia, biologi, astronomi, komputer, geografi, ekonomi, dan bisnis.

Sementara keikutsertaan guru dalam ajang olimpiade kali ini akan memberikan nilai lebih. Sebab guru merupakan kunci utama untuk menjaga kualitas peserta didik dan pendidikan itu sendiri.

Menurut Muslia, pelaksanaan OSN memiliki banyak manfaat. Salah satunya menumbuhkembangkan jiwa kompetensi yang sehat. Para peserta adalah orang-orang terbaik yang sudah melewati berbagai tahapan.

"Kedua, meningkatkan kecintaan kita terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)," kata Muslia.

OSN juga bermanfaat untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas peserta dan guru yang ikut sebagai peserta. "Manfaat lainnya membangun rasa kebangsaan yang luar biasa," ungkap Muslia, Selasa (3/8/2013).

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), berharap pelaksanaan OSN berdampak positif untuk kemajuan bangsa di masa depan.

"Mudah-mudahan OSN menghadirkan penyelesaian persoalan bangsa," ujarnya.

Sementara itu, OSN secara resmi dibuka secara simbolis dengan membunyikan angklung secara serempak yang dilakukan Wamendikbud, Aher, dan beberapa orang lainnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0200 seconds (0.1#10.140)