Hasil quick count dua lembaga survei di Pilkada Enrekang

Kamis, 29 Agustus 2013 - 18:20 WIB
Hasil quick count dua lembaga survei di Pilkada Enrekang
Hasil quick count dua lembaga survei di Pilkada Enrekang
A A A
Sindonews.com - Dua lembaga survei dan konsultan politik yang melakukan perhitungan cepat (quick count) di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Enrekang mengunggulkan pasangan nomor urut 3, Muslimin Bando-Amiruddin.

Dua lembaga survei itu yakni, Celebes Research Center (CRC) dan Adhyaksa Supporting House (ASHO).

Dari hasil hitung cepat sementara lembaga survei CRS, pasangan nomor urut 3, H Muslimin Bando-Amiruddin (MBA) unggul dibandingkan tiga pasangan calon lainnya.

Dari 150 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dijadikan sampel, pasangan yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) serta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu memperoleh 53,11 persen suara.

Sementara pasangan nomor urut 4, Saleh Rahim-Kasmin Karumpa (Sikap) berada di urutan kedua. Perolehan suara pasangan yang diusung parpol PBB, Gerindra dan PKS dan sejumlah parpol non parlemen ini sekira 35,37 persen.

Pasangan nomor urut 2, Ridwan Abdullah-Muzakkir (Ridhamu) berada diurutan ketiga. Pasangan yang diusung partai PPDI, PPI, Patriot, PPP dan sejumlah partai politik non parlemen memperoleh 7,56 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 1, H Mustamin Amir-Mahmud Kammane (Mutiara) berada diurutan keempat. Pasangan yang maju melalui jalur perseorangan atau independen itu memperoleh 3,96 persen suara.

“Ini hasil sementara hitung cepat CRC dengan margin error plus minus 1 persen. Dari 150 TPS yang dijadikan sampel, hingga pukul 18.00 Wita yang sudah masuk 90 persen. Perolehan suara yang diperoleh pasangan MBA tidak mungkin lagi terkejar oleh pasangan calon lainnya,” ujar Direktur CRC, Adlan saat menggelar jumpa pers, di Kecamatan All, Kamis (29/8/2013).

Hitung cepat lembaga survei Adhyaksa Supporting House (ASHO) juga mengunggulkan pasangan nomor urut 3, Muslimin Bando-Amiruddin sebagai pemenang pilkada Enrekang.

Dari 160 TPS yang dijadikan sampel yang sudah masuk sebanyak 122 TPS. Hitung cepat sementara, pasangan MBA memperoleh 55,96 persen, pasangan Sikap 32,78 persen, pasangan Ridhamu 5,87 persen dan pasangan Mutiara 5,39 persen.

“Selisih antara perolehan suara pasangan MBA dan pasangan Sikap 23 persen. Hasil sementara hitung cepat Adhyaksa Supporting House, perolehan suara pasangan MBA tidak mungkin terkejar dari pasangan lainnya,” katanya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5856 seconds (0.1#10.140)