150 Calhaj Kabupaten Enrekang diberangkatkan 9 September

Selasa, 27 Agustus 2013 - 15:28 WIB
150 Calhaj Kabupaten Enrekang diberangkatkan 9 September
150 Calhaj Kabupaten Enrekang diberangkatkan 9 September
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 150 calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Enrekang, akan menunaikan ibadah haji tahun 2013. Mereka, akan berangkat dari Kabupaten Enrekang ke tanah suci Mekah, pada 9 September 2013.

“Jika tidak ada aral melintang, calhaj akan meninggalkan Enrekang menuju asrama haji di Makassar, pada Senin 9 September 2013 malam,” ujar Kasi Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementrian Agama Enrekang Basir, di Enrekang, Selasa (27/8/2013).

Dia mengatakan, sesuai jadwal, calhaj Kabupaten Enrekang akan diterima secara resmi di asrama haji Sudiang, di Makassar pada Selasa 10 September 2013, pukul 08.00 Wita. Pada tahun ini, calhaj Kabupaten Enrekang akan bergabung dengan calhaj asal Kabupaten Sidrap dan Makassar, tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 2.

Sebelum ke tanah suci, para jamaah akan mengikuti pelatihan dan bimbingan manasik haji di tingkat kecamatan dan kabupaten yang dilaksanakan kantor wilayah Kementrian Agama Kabupaten Enrekang.

Manasik haji tingkat kabupaten berlangsung selama tiga hari. Sedangkan tingkat kecamatan dilaksanakan sebanyak tujuh kali pertemuan. Rencananya, penutupan manasik haji dengan agenda praktik manasik yang dipusatkan di lapangan Abubakar Lambogo Batili, Kecamatan Enrekang, pada Senin 2 September 2013.

“Kami mengimbau kepada para calhaj agar menyiapkan fisik dan mental selama menunaikan ibadah haji di tanah suci, agar bisa berjalan lancar,” katanya.

Sementara itu, Bupati Enrekang La Tinro La Tunrung berharap kepada para calhaj agar tetap menjaga kekompakan dan saling membantu satu sama lain. Selama ini, jemaah haji kabupaten Enrekang dikenal kompak dalam menjalankan ibadah.

La Tinro juga berjanji akan mengantar calhaj Enrekang masuk ke asrama haji Sudiang di Makassar. Tahun ini, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang siap menanggung biaya akomodasi perjalanan pulang-pergi calhaj dari Kabupaten Enrekang menuju Makassar, dan sebaliknya.

“Kami berharap calhaj yang akan berangkat tahun ini ke tanah suci memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan berhaji untuk menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya,” kata La Tinro.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9223 seconds (0.1#10.140)