Broadcast Ketua KPU Jatim bagai pisau bermata dua

Kamis, 22 Agustus 2013 - 21:40 WIB
Broadcast Ketua KPU Jatim bagai pisau bermata dua
Broadcast Ketua KPU Jatim bagai pisau bermata dua
A A A
Sindonews.com - Broadcast BBM Ketua KPU Jawa Timur Andrey Dewanto Ahmad terus menuai kecaman. Dengan menyebar broadcast tersebut sikap netral Ketua KPU justru dipertanyakan.

Mantan Hakim dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) A Mukthie Fajar mengatakan, BBM broadcast itu bisa bermata dua.

"Ada dua akibat dari broadcast Ketua KPU Jatim itu. Kemungkinan bisa dibawa ke ranah hukum MK untuk membatalkan hasil pemilu gubernur dan dibawa ke DKPP. Keputusan dari dua lembaga ini bisa saling menguatkan," kata Mukhtie ketika dihubungi, Kamis (22/8/2013).

Ia menjelaskan, broadcast BBM tersebut bisa dijadikan bukti bahan gugatan oleh pihak-pihak yang kalah dalam Pilgub Jatim ke MK.

Hal itu, untuk menunjukkan KPU telah melanggar prinsip netral dan jujur adil. Kalau itu benar-benar terjadi, lanjutnya, bisa saja MK mengeluarkan keputusan terkait pilgub Jatim sebagaimana tahun 2008 lalu.

Mukhtie mengaku prihatin dengan sikap Ketua KPU. Munculnya broadcast ini bisa dianggap Ketua KPU masih menjadi partisan.

"Tentu kita memang prihatin dengan KPU (Jatim) yang masih menjadi partisan," kata Mukhtie.

Lanjut Mukhtie, jika memang ada pelanggaran maka kandidat gubernur dan wakilnya atau partai pendukung bisa melaporkan ke DKPP. Namun biasanya, dalam ranah ini, Badan Pengawas Pemilu atau Panitia Pengawas Pemilu yang melakukan pelaporan jika terjadi dugaan pelanggaran.

"DKPP bersidang tergantung adanya pengaduan. Ini kan semacam lembaga penengah. Masyarakat mungkin bisa melapor sebagai pihak yang dirugikan. Namun, itu juga tergantung DKPP apakah laporan masyarakat bisa diterima," kata Mukhtie.

Seperti diberitakan sebelumnya, menjelang digerlarnya acara debat Pilgub Jatim, Ketua KPU Jatim Andrey Dewanto menyebar broadcast melalui jejaring BBM.

Dalam broadcat tersebut, mantan Aktivis PMII ini dianggap berpihak kepada cagub Khofifah Indar Parawansa.

Berikut bunyi broadcast BBM itu "Saksikan keunggulan cagub PKB Khofifah IP dlm debat kandidat di Metro TV live dari Gramedia Expo malam ini jam 19.00 WIB. Sebarkan..:)".

Setelah menuai protes dari sejumlah kontak di BBM, Andrey kemudian meralatnya yang berbunyi "Ralat: Saksikan keunggulan Pasangan calon No urut 1 Soekarwo-Saifullah Yusuf, No urut 2. Egi Sujana-M Sihat, No urut 3. Bambang DH-Said Abdullah, No urut 4. Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawireja dalam debat kandidat di Metro TV live dr Gramedia Expo malam ini jam 19.00 WIB. Sebarkan..:)"
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9951 seconds (0.1#10.140)