KPU Sulbar tetapkan 508 DCT

Kamis, 22 Agustus 2013 - 18:34 WIB
KPU Sulbar tetapkan...
KPU Sulbar tetapkan 508 DCT
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat (Sulbar) merilis 508 Daftar Calon Tetap (DCT) anggota legislatif pada Pemilu 2014. Keputusan tersebut merupakan hasil pleno yang digelar Kamis (22/8), di d'Maleo Hotel Mamuju.

Agenda tersebut dihadiri seluruh perwakilan partai politik. Dalam acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 WITA tersebut, Bawaslu Sulbar juga tampak hadir dan duduk di jajaran forum pemerintah daerah.

Hasil pleno KPU Sulbar yang dilangsungkan secara terbuka memutuskan 508 calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi. Dengan rincian 311 laki-laki dan 197 perempuan. Prosentase keterwakilan perempuan dari total DPT sebanyak 38,8 persen.

"Hasil ini merupakan rangkaian yang melewati etos kerja yang sangat tinggi dan luar biasa. Yang kami lakukan berdasarkan prinsip dan asas-asas penyelenggaraan pemilu. Tahapan ini merupakan kesempatan terakhir dari seluruh proses yang terkait tahapan pencalonan. Penetapan DCT hari ini secara filosofis juga bermakna sebagai bentuk sosialisasi ke masyarakat," tutur Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuriah, di depan puluhan undangan yang hadir.

Dari data DCS Sulbar yang diumumkan pada tahap sebelumnya, juga sebanyak 508 orang. Meski dalam proses verifikasi administrasi maupun tanggapan masyarakat terdapat beberapa hal yang berubah dan mendapat klarifikasi. Secara umum proses pencalonan legislatif di KPU Provinsi Sulawesi Barat berjalan normal.

"Jumlah yang sama antara DCS dan DCT saat ini disebabkan adanya penggantian empat orang bakal caleg. Diganti dengan jumlah yang sama. Adapun partai politik yang melakukan penggantian yakni, Gerindra, Demokrat, PAN dan PDIP. Penyebab penggantian itu antara lain karena mengundurkan diri dan memiliki keanggotaan ganda di parpol," imbuh Nurdin Pasokkori, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sulbar.

Provinsi Sulawesi Barat yang kini memiliki enam kabupaten pada Pemilu 2014, terbagi dalam tujuh Daerah Pemilihan (Dapil). Daftar DCT Sulbar ini dimuat dua media harian besar di Sulbar.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9500 seconds (0.1#10.140)