Kecelakaan marak, puluhan bus dirazia kelaikannya

Kamis, 22 Agustus 2013 - 12:59 WIB
Kecelakaan marak, puluhan bus dirazia kelaikannya
Kecelakaan marak, puluhan bus dirazia kelaikannya
A A A
Sindonews.com - Insiden kecelakaan maut bus di Cisarua, Bogor, yang menelan 20 korban tewas membuat Satgas Gabungan Angkutan Darat Sidoarjo dan kepolisian setempat melakukan razia kelaikan bus di Terminal Purabaya, Kamis (22/8/2013).

Tak hanya kelengkapan dokumen kendaraan, petugas juga memeriksa kondisi ban dan rem bus serta sejumlah peralatan vital di ruang kemudi bus. Puluhan bus yang berada di Terminal Purabaya pun dikatakan wajib untuk menjalani pemeriksaan tersebut.

"Kami periksa semua, mulai dari kelengkapan dokumen kendaraan hingga kondisi bus seperti ban dan rem kendaraan. Bahkan, ruang kemudi bus yang menjadi tempat vital pengemudi dalam menjalankan kendaraan juga diperiksa secara detil oleh petugas," jelas Wakil Ketua Tim Satgas Angkutan Darat Terminal Purabaya, Harjo, Kamis (22/8/2013).

Menurutnya, fokus pemeriksaan ini dilakukan terhadap armada bus yang menjalani rute jarak jauh. Karena, dianggap sangat rawan terhadap terjadinya kecelakaan di jalan raya.

"Kami juga mengimbau kepada sopir bus untuk istirahat di jalan jika telah menempuh perjalanan lebih dari lima jam," imbaunya.

Menurut rencana, razia kelaikan bus di Terminal Purabaya ini akan dilakukan secara berkala setiap hari dengan mewajibkan crew bus untuk melaporkan kondisi kendaraan dan pengemudinya kepada satgas sebelum berangkat meninggalkan Terminal Purabaya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4263 seconds (0.1#10.140)