Jelang kampanye Pilkada Makassar, operasi sikat digelar

Rabu, 21 Agustus 2013 - 18:44 WIB
Jelang kampanye Pilkada Makassar, operasi sikat digelar
Jelang kampanye Pilkada Makassar, operasi sikat digelar
A A A
Sindonews.com - Beberapa hari menjelang masa kampanye Pilkada Makassar pada September mendatang, Polda Sulselbar menginstuksikan untuk menggelar Operasi Sikat 2013.

Operasi tersebut khusus digelar di Kota Makassar dan sekitarnya, untuk meminimalisir ancaman gangguan kamtibmas selama proses pilkada yang diikuti oleh 10 calon pasangan wali kota tersebut.

"Mulai pekan kita laksanakan Operasi Sikat untuk menstabilkan situasi dan keamanan masyarakat, utamanya jelang pilkada," kata Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Burhanuddin Andi, Rabu (21/8/2013).

Selain Kota Makassar, Operasi Sikat tersebut juga diselenggarakan di tujuh kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada di tahun 2013 ini.

Dalam operasi tersebut, akan lebih dipriotitaskan terhadap aksi kriminalitas, premanisme, perkelahian antarwarga, senjata api, bahan peledak, serta titik-titik yang selama ini menjadi langganan tindak kejahatan.

"Ini digelar selama 14 hari. Kita harapkan, pelaksanakan pilkada nantinya berjalan aman dan terkendali, ujar Burhanuddin.

Sebelumnya, Kapolda menyebut Kota Makassar masuk pada zona merah dalam pelaksanaan pilkada. Olehnya itu, netralitas dari penyelenggara pilkada diharapkan betul-betul dijaga.

Sementara itu, Wakapolrestabes Makassar, AKBP Totok Lisdiarto, menjelaskan dengan Operasi Sikat ini, stabilitas keamanan di Makassar bisa dijaga. Menurutnya, sebelum memasuki tahapan pilkada, pihaknya telah melakukan operasi dan razia di sejumlah titik.

Deklarasi damai

Polrestabes Makassar merencanakan akan mengundang 10 pasangan calon yang maju bertarung pada Pilkada Makassar, pekan depan.

Pengumpulan seluruh pasangan tersebut untuk dilakukan deklarasi damai. Selain itu, diundang pula seluruh tim pemenangan ke-10 pasangan calon.

"Kita harapkan, dengan komitmen damai ini, Pilkada Makassar diharapkan bisa berjalan aman dan terkendali," beber Totok.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7230 seconds (0.1#10.140)