Psikolog: Anak-anak peniru yang ulang

Senin, 19 Agustus 2013 - 02:09 WIB
Psikolog: Anak-anak...
Psikolog: Anak-anak peniru yang ulang
A A A
Sindonews.com - Psikolog Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Hastaning Sakti menyatakan, peran orang tua dalam mendidik kepribadian anak sangat penting. Dia bahkan mengingatkan, para orang tua untuk bisa menyesuaikan diri dengan dunia anak.

“Karena anak adalah peniru yang ulung, maka segala yang dilihatnya cenderung diikuti. Tidak terkecuali prilaku orang tuanya," katanya, kepada wartawan, Minggu (18/8/2013).

Ditambahkan dia, saat berhadapan dengan sang anak, para orang tua diminta untuk selalu menjaga sikap. Mereka juga diminta untuk menjelaskan segala sesuatu kepada anaknya dengan ilmiah.

"Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar, senang bertanya, berimajinasi tinggi dan suka dengan hal-hal baru. Selain itu, mereka juga mempunyai minat yang luas dan berani ambil risiko,” paparnya.

Dia menambahkan, pengawasan terhadap mereka, harus dilakukan sejak dini. dia mencontohkan, seperti mengetahui dengan siapa bermain. Jika tidak terkontrol, bukan tidak mungkin akan berakibat buruk bagi perkembangannya.

“Mengawasi apa yang ditontonnya, misalnya siaran televisi, juga perlu dilakukan,” tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)