HUT RI, bendera GAM berkibar di sela merah putih

Kamis, 15 Agustus 2013 - 14:30 WIB
HUT RI, bendera GAM berkibar di sela merah putih
HUT RI, bendera GAM berkibar di sela merah putih
A A A
Sindonews.com - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-68, di Provinsi Aceh, diwarnai dengan pengibaran bendera bintang bulan, bekas bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Pengibaran bendera GAM itu, menyusul sewindu perdamaian Aceh.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, pengibaran bendera GAM terlihat di Gampong Meunasah Krueng dan Krueng Seunong, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara.

Bendera yang sudah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menjadi provinsi Aceh itu, berkibar diantara bendera merah putih. Bahkan, hingga berita ini diturunkan, bendera itu masih berkibar.

"Bendera (bulan bintang) berkibar sejak Selasa malam hingga sekarang masih berkibar," jelas seorang warga setempat yang takut disebut namanya, Kamis (15/8/2013).

Sementara itu, Gubernur Aceh Zaini Abdullah telah mengimbau agar masyarakat tidak menaikkan bendera tersebut, apalagi menjelang peringatan kemerdekaan 17 Agustus.

Hal ini ditegaskan Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Nurdin F Joes. Menurutnya, gubernur telah mengimbau agar tidak ada pengibaran bendera Aceh pada hari ini. Imbauan itu, dikeluarkan setelah Pemerintah Aceh dan pemerintah pusat menggelar pertemuan membahas bendera Aceh.

"Saya pikir imbauan gubernur sudah jelas, dan masyarakat di 23 kabupaten/kota se-Aceh sudah memahaminya," katanya.

Namun begitu, jika ada warga yang nekat menaikkan bendera bintang bulan, pihaknya akan menindaknya sesuai prosedur hukum di Aceh. "Kalau ada yang menaikan bendera bintang bulan, ya urusan polisi," tegasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7361 seconds (0.1#10.140)