BNPB & PMI hibur pengungsi Rokatenda

Kamis, 15 Agustus 2013 - 09:53 WIB
BNPB & PMI hibur pengungsi Rokatenda
BNPB & PMI hibur pengungsi Rokatenda
A A A
Sindonews.com - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama memberikan Psikososial Supporting Programme (PSP) bagi anak-anak yang ikut mengungsi di Maumere.

Oktafianus Aryo Adityo, koordinator lapangan tim PMI, menjelaskan bahwa lembaganya diberikan tugas untuk menangani trauma pada anak-anak pengungsi.

“Dengan berbagai permainan ini, diharapkan anak-anak tidak mengalami trauma karena bencana,” kata Aryo dalam keterangan resmi PMI kepada Sindonews, Kamis (15/8/2013).

Data terakhir yang dihimpun tim PMI, di lokasi pengungsian ini dihuni 603 jiwa yang terdiri dari 125 anak pengungsi dan 90 persen masih duduk dibangku sekolah.

“Relawan PMI dan Anggota PMR (Palang Merah Remaja) untuk beberapa hari ke depan akan lakukan PSP bagi anak-anak dengan support dari BNPB,” imbuhnya.

Bone Fasus, seorang pengungsi Rokatenda asal pulau Palue, menuturkan bahwa banyak anak-anak yang terpaksa tidak sekolah dan ikut mengungsi. Dengan diajak bermain oleh relawan PMI dapat menguatkan mental anak-anak.

“Ini sangat positif dan bermanfaat, karena anak-anak jadi riang dan memupuk semangat dalam situasi seperti ini (bencana),” terangnya yang mengungsi bersama istri dan 2 anaknya.

Bernyanyi, bermain bola dan berkelompok, menjadi metode pelaksanaan program PSP. “Senang dan asyik diajak main-main seperti ini,” ujar Leon, siswa kelas 4 SD di lapangan kota Maumere.

PMI saat ini sedang menyiapkan bantuan hygien kit dan selimut untuk pengungsi, serta menyiapkan shelter (penampungan) tambahan dan membantu dapur umum di Posko BPBD Kabupaten Sikka. Gunung api Rokatenda hingga kini masih mengeluarkan debu panas yang menyelimuti pulau itu.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4570 seconds (0.1#10.140)