17 Agustus, masjid, gereja, kendaraan, wajib bunyikan sirine

Rabu, 14 Agustus 2013 - 09:59 WIB
17 Agustus, masjid,...
17 Agustus, masjid, gereja, kendaraan, wajib bunyikan sirine
A A A
Sindonews.com - Peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus tahun ini dibuat berbeda dari biasanya. Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko berharap tepat pukul 10.00, seluruh masjid, gereja, kendaraan yang melintas di jalan raya berhenti sejenak untuk membunyikan sirine atau klaksonnya masing-masing.

Kabag Humas dan Protokoler, Kota Batu Ismail A Gani menyatakan, untuk kegiatan seremonial upacara bendera untuk memperingati detik-detik proklamasi 17 Agustus digelar di stadion Gelora Brantas Kota Batu.

Panitia menyatakan akan mengundang 5.000 siswa SMP dan SMA, ditambah tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan berbagai organisasi kemasyarakatan untuk mengikuti upacara bendera itu.

“Yang membedakan dengan tahun sebelumnya. Tahun ini seluruh masjid kita himbau membunyikan sirenenya. Untuk pengurus gereja kita himbau membunyikan loncengnya,” terang Ismail, Rabu (14/8/2013).

Selanjutnya melalui Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubkominfo), Kota Batu, akan diberitahukan kepada seluruh pengguna jalan yang melintasi wilayah Kota Batu. Pada saat menginjak pukul 10.00, diimbau untuk menghentikan sejenak laju kendaraannya.

Lalu disusul membunyikan klaksonnya masing-masing. Kemudian disetiap RT dan RW diimbau untuk menggelar tasyakuran untuk memperingati 17 Agustus.

“Kegiatan peringatan 17 Agustus kita mulai Kamis (15/8) pukul 17.00. Acaranya pengukuhan anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) oleh Wali Kota Batu di Pendopo Balai Kota Batu,” cetusnya.

Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Kota Batu, Sinal Abidin menambahkan, Jumat (16/8) malam, Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko mengundang 2.000 orang masyarakat untuk mengikuti tasyakuran di Pendopo Balai Kota Batu.

Masyarakat yang diundang terdiri dari jamaah tahlil, takmir masjid, seluruh kepala sekolah plus tiga orang guru, tokoh pemuda, tokoh agama, pengurus organisasi kemasyarakatan dan elemen masyarakat lainnya termasuk kalangan pengusaha dan pengurus koperasi seluruh Kota Batu.

“Kepala Dinas bersama kabid dan kasinya juga wajib hadir pada acara malam tasyakuran itu. Kita akan mengundang KH Mujaid sebagai penceramahnya. Kita juga menyiapkan 200 tumpeng untuk acara malam tasyakuran itu,” pungkas Sinal.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6341 seconds (0.1#10.140)