Ganti nama Jawa Barat, DPRD segera bentuk pansus

Senin, 12 Agustus 2013 - 16:37 WIB
Ganti nama Jawa Barat, DPRD segera bentuk pansus
Ganti nama Jawa Barat, DPRD segera bentuk pansus
A A A
Sindonews.com - DPRD Jawa Barat akan segera membentuk panitia khusus (pansus) yang bertugas membahas penggantian Jawa Barat. Sesuai target, pansus akan dibentuk setelah Lebaran.

"Pansus akan dibentuk setelah Lebaran," kata Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Uu Rukmana, di DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (12/8/2013).

Saat ini, para pimpinan komisi sudah mengetahui adanya usulan penggantian nama Jawa Barat. Tapi tidak semua anggota dewan mengetahui usulan itu.

Untuk membahas penggantian nama itu, Uu mengatakan akan melibatkan berbagai elemen masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Barat. Mereka yang dinilai kompeten untuk membahas hal itu juga akan dilibatkan.

Kalaupun akhirnya nama Jawa Barat diganti, hal itu diharapkan atas kesepakatan berbagai pihak. Jika tidak disepakati berbagai pihak, penggantian nama dikhawatirkan memicu perpecahan. Bahkan dikhawatirkan ada daerah yang akan memisahkan diri dari Jawa Barat.

"Jadi itu harus kita pikirkan sebaik-baiknya. Yang paling penting nama itu disetujui semua pihak dan tidak menimbulkan perpecahan," jelasnya.

Disinggung soal reaksi Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, yang tidak 'bergairah' dengan usulan penggantian nama Jawa Barat, itu tidak masalah. Sebab itu merupakan usulan masyarakat. DPRD pun harus menyerap aspirasi itu.

"Ini usulan masyarakat kepada DPRD, apapun usulan masyarakat kita bahas," tandas Uu.

Usulan penggantian nama itu datang dari Komunitas Pengkaji Nama Jawa Barat. Alasan penggantian nama untuk menunjukkan jati diri Sunda. Hal itu dinilai akan berdampak positif untuk kemajuan masyarakat. Alasan lain, nama Jawa Barat dianggap sudah tidak relevan karena provinsi paling barat di pulau Jawa adalah DKI Jakarta dan Banten.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9995 seconds (0.1#10.140)