Sayembara desain patung Yesus Kristus di Toraja diminati

Senin, 12 Agustus 2013 - 12:43 WIB
Sayembara desain patung Yesus Kristus di Toraja diminati
Sayembara desain patung Yesus Kristus di Toraja diminati
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai melaksanakan pembangunan patung Yesus Kristus Memberkati, di Buntu (puncak) Burake, Kecamatan Makale. Pembangunan patung diawali dengan sayembara desain patung Yesus Kristus.

Kepala Bidang Perencanaan Dinas Tataruang dan Pemukiman Tana Toraja, David Kambu, menyatakan Pemkab Tana Toraja melalui Dinas Tataruang dan Pemukiman sudah menggelar sayembara desain patung Yesus Kristus secara terbuka untuk umum.

Sayembara tersebut diikuti puluhan perusahaan/perseorangan yang sudah memenuhi persyaratan sebagai peserta sayembara.

“Hingga pendaftaran ditutup, ada 20 perusahaan yang ikut sebagai peserta sayembara desain patung Yesus Kristus,” ujarnya, di Makale, Senin (12/7/2013).

Dia mengatakan, peserta sayembara yang desain patungnya berdasarkan penilaian juri terbaik akan dijadikan acuan dalam perencanaan pembuatan konstruksi patung Yesus Kristus. Selain itu, pemkab juga menyediakan hadiah berupa uang tunai untuk para peserta yang menjadi juara sayembara.

Untuk juara I akan mendapat hadiah sebesar Rp15 juta, juara dua akan memperoleh hadiah sebesar Rp10 juta dan untuk juara III akan mendapat hadiah Rp7,5 juta.

Dirinya pun menjamin, sayembara desain patung Yesus Kristus bebas dari unsur kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN). Pasalnya, juri sayembara desain patung Yesus Kristus yang akan melakukan penilaian terhadap desain para peserta merupakan juri independen dan berasal dari luar Tana Toraja

“Desain terbaik dari hasil penilaian sayembara kemungkinan besar akan dijadikan dasar dalam perencanaan pembuatan konstruksi patung Yesus Kristus,” ujarnya.

Ditambahkan David, Pemkab Tana Toraja merencanakan akan membangun patung Yesus Kristus Memberkati berukuran raksasa di puncak (buntu) Burake. Pada tahun 2013, pemkab Tana Toraja juga sudah mengalokasikan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk untuk pembangunan tahap pertama sebesar Rp3 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan pondasi dan landasan, tempat patung Yesus berdiri.

“Pembangunan patung Yesus Kristus Memberkati di puncak Buntu Burake tahap pertama akan dimulai pada tahun ini juga,” ujarnya.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung menyatakan lokasi pembangunan patung Yesus Kristus Memberkati berukuran raksasa di puncak Buntu Burake akan menjadi objek wisata baru kabupaten Tana Toraja.

Buntu Burake akan dijadikan sebagai kawasan wisata rohani bagi para wisatawan. Di atas puncak (buntu) Burake wisatawan juga bisa menikmati panorama alam yang indah dan wajah kota Makale dari ketinggian sekira 1.100 meter.

“Buntu Burake akan dijadikan sebagai kawasan wisata rohani. Di tempat ini, wisatawan bisa berwisata rohani sambil menikmati pemandangan alam,” ujarnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5385 seconds (0.1#10.140)