60 wisatawan diserang ubur-ubur

Sabtu, 10 Agustus 2013 - 20:01 WIB
60 wisatawan diserang ubur-ubur
60 wisatawan diserang ubur-ubur
A A A
Sindonews.com - Sebanyak kurang lebih 60 orang wisatawan yang berkunjung ke objek wisata laut Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, mengalami luka bakar di beberapa bagian tubuh akibat sengatan hewan laut jenis Ubur-ubur.

Kepala Infokom Balawista Kabupaten Sukabumi, Dede Sumarna mengakui adanya peristiwa serangan ubur-ubur terhadap para wisatawan di sejumlah titik pantai di sepanjang Teluk Pelabuhanratu. Seluruh korban terkena sengatan pada saat berenang di sekitar bibir pantai.

“Saat ini kondisi air laut relatif dingin sehingga sangat mudah sekali ubur-ubur terbawa gelombang laut, hingga ke tepian pantai sehingga berbaur dengan para wisatawan dan menyengatnya,” ungkap Dede.

Sengatan hewan laut berbentuk payung berumbai ini menyisakan luka seperti habis terbakar disertai gatal-gatal. Berdasarkan pendataan, lanjut Dede, jumlah wisatawan yang terkena serangan ubur- ubur mencapai 60 orang.

Sebagai upaya penanggulangan akibat sengata hewan tersebut, balawista telah menyiapkan obat pereda panas sejenis salep. Disamping itu, balawista juga telah berkoordinasi dengan puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut terhadap para korban.

Asep Nurcahya (19), salah seorang wisatawan asal Jalan veteran, Kota Sukabumi mengaku telah menjadi korban sengatan hewan ubur-ubur. Akibatnya bagian lengan kiri Asep mengalami gatal-gatal dan menyisakan bekas luka berwarna kemerahan.

“Bentuknya sangat samar dengan warna air laut sehingga saya dan teman-teman tidak mengetahui adanya ubur-ubur saat berenang. Tanpa disadari tiba-tiba saja bagian lengan ini terasa panas dan gatal,” kata Asep.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8413 seconds (0.1#10.140)