118 napi Lapas Tanjung Gusta direlokasi

Rabu, 31 Juli 2013 - 11:36 WIB
118 napi Lapas Tanjung Gusta direlokasi
118 napi Lapas Tanjung Gusta direlokasi
A A A
Sindonews.com - Tiga pekan pascakerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan. Pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), merelokasi 118 orang narapidana, ke sejumlah lapas di Sumatera Utara.

Sedangkan sejumlah pentolan napi, rencananya akan dipindahkan ke Lapas Nusa Kambangan, karena dianggap sebagai provakator dalam kerusuhan yang merenggut lima korban jiwa dari petugas lapas tersebut.

Proses relokasi mendapat pengawalan ketat 1.500 personel gabungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Polri bersenjata lengkap. Sejumlah truk dan kendaraan tahanan, juga telah disiapkan untuk evakuasi napi dari dalam lapas.

Relokasi dilakukan karena keberadaan para napi yang masuk dalam daftar direlokasi, sangat membahayakan bagi kondusifitas Lapas Tanjung Gusta.

Dari 118 orang napi, 100 diantaranya akan dipindahkan ke sejumlah lapas di Sumatera Utara, seperti di Kota Binjai, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Siborong Borong, Sibolga, dan Kota Sidikalang. Sedangkan 18 orang yang diduga sebagai provokator kerusuhan, rencananya akan dipindahkan ke Lapas Nusa Kambangan, di Jawa Tengah.

Proses relokasi, sebelumnya dijadwalkan, pada Selasa 30 Juli 2013 malam dimundurkan. Proses relokasi baru bisa dilaksanakan, pada Rabu 31 Juli 2013 pagi. Hingga kini, ratusan personel gabungan TNI dan Polri masih disiagakan di Lapas Tanjung Gusta, Medan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7561 seconds (0.1#10.140)