Hari Sungai Nasional, ini dia pernyataan Walhi

Sabtu, 27 Juli 2013 - 13:22 WIB
Hari Sungai Nasional, ini dia pernyataan Walhi
Hari Sungai Nasional, ini dia pernyataan Walhi
A A A
Sindonews.com - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat (Jabar), mengeluarkan tujuh pernyataan sikap dalam peringatan Hari Sungai Nasional yang tepat hari ini. Itu sebagai bentuk keprihatinan atas semakin buruk, dan rusaknya daerah aliran sungai (DAS) di Bandung.

"Melalui momentum Hari Sungai Nasional, Sabtu 27 Juli 2013, Walhi Jawa Barat menyatakan sikap. Pertama, mengajak seluruh masyarakat Jawa Barat untuk berpartisipasi memelihara, merawat dan mengelola sungai dengan arif dan bijak untuk keberlanjutan kehidupan," ujar Direktur Eksekutif Walhi Jabar Dadan Ramdan, di Bandung, Sabtu (27/7/2013).

Kedua, Walhi mendesak penegak hukum menyeret pelaku industri yang melakukan pidana lingkungan dengan mencemari sungai, serta menindak tegas pihak yang melakukan praktik pelanggaran pengambilan air permukaan sungai tidak sesuai aturan yang berlaku.

"Ketiga, endesak pemerintah pusat dan daerah melakukan upaya penyelamatan daerah aliran sungai dengan mengedepankan partisipasi masyarakat dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal," terangnya.

Keempat, mendesak pemerintahan pusat dan daerah menjalankan Undang-undang No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup secara konsisten dan konsekwen.

Kelima, menolak kebijakan privatisasi air, sungai dan sumber-sumber air lainnya yang telah berakibat konflik dan marjinalisasi akses rakyat terhadap air. "Keenam, mendesak audit kinerja dan lingkungan hidup terhadap intansi pemerintah pusat dan daerah yang menangani sungai," tegas Dadan.

Terakhir, mendesak perusahaan-perusahaan negara dan swasta melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan untuk berpartisipasi dalam melindungi lingkungan hidup daerah aliran sungai di Jabar.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7022 seconds (0.1#10.140)
pixels