Provinsi Jawa Barat diusulkan ganti jadi Pasundan

Jum'at, 26 Juli 2013 - 11:01 WIB
Provinsi Jawa Barat diusulkan ganti jadi Pasundan
Provinsi Jawa Barat diusulkan ganti jadi Pasundan
A A A
Sindonews.com - Komunitas Pengkaji Pergantian Nama Provinsi Jawa Barat mengusulkan nama Jawa Barat diganti menjadi Provinsi Pasundan. Terkait usulan itu, DPRD Jawa Barat, tidak mau bersikap gegabah.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Uu Rukmana mengatakan, usulan yang disampaikan ke Komisi A itu akan dibahas lebih dulu dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus). Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan sejumlah daerah di Jawa Barat.

"Nantinya harus ada jalan keluar dan keputusan bersama. Jangan sampai nanti justru ada perpecahan di Jawa Barat," kata Uu, kepada wartawan, Jumat (26/7/2013).

Soal keputusan akhir soal pergantian nama itu, apakah terjadi atau tidak, dia berharap itu tidak kontraproduktif. Oleh karena itu, DPRD tidak akan gegabah mengambil sikap.

Anggota Komisi A DPRD Jawa Barat Deden Darmansyah membenarkan jika usulan pergantian nama itu harus dikaji dengan matang. Bahkan, perlu kehati-hatian yang sangat tinggi. "Kita harus kaji. Dan dalam melakukan kajian ini semuanya harus hati-hati," ungkapnya.

Menurutnya, semua anggota DPRD belum tentu sepakat terkait usulan itu. Apalagi jika usulan itu kemudian dikaitkan dengan marjinalisasi kesukuan. Sebab, di Jawa Barat bukan hanya terdiri dari suku Sunda. "Meskipun terlihat sederhana, penggantian nama ini cukup krusial," terangnya.

Menurutnya, penggantian nama Jawa Barat harus disertai dengan perubahan Undang-undang No.11 tahun 1950 tentang Pembentukan Jawa Barat. Jadi, urusan penggantian nama merupakan urusan pemerintah pusat.

Jika ternyata DPRD dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawa setuju soal penggantian nama, itu akan diusulkan ke pemerintah pusat. Tapi pihaknya juga harus berkoordinasi dengan Komisi II DPR RI, karena harus mengubah undang-undang yang ada.

Usulan penggantian nama itu diserahkan ke Komisi A DPRD Jawa Barat, kemarin. Alasannya, nama Jawa Barat dinilai sudah tidak relevan. Jawa Barat dinilai hanya merujuk pada pulau Jawa bagian barat. Kenyataannya, di pulau Jawa bagian barat ada dua provinsi, yaitu Banten dan DKI Jakarta.

Selain itu, nama Jawa Barat dinilai tidak mencerminkan ciri khas Kesundaan. Akibatnya, warga Jawa Barat kehilangan jati dirinya dan tidak punya kekuatan berarti untuk berperan ditingkat nasional. Salah satu nama yang diusulkan adalah Provinsi Pasundan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3888 seconds (0.1#10.140)