Ratusan wisatawan terjebak di Pulau Karimunjawa

Kamis, 25 Juli 2013 - 16:06 WIB
Ratusan wisatawan terjebak di Pulau Karimunjawa
Ratusan wisatawan terjebak di Pulau Karimunjawa
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 700 wisatawan domestik maupun asing saat ini masih tertahan di Pulau Karimunjawa. Mereka tak bisa kembali ke Jepara akibat gelombang tinggi dan angin kencang melanda Laut Jawa sejak Senin 22 Juli lalu.

Syahbandar Jepara Yuniarsono didampingi Pelaksana Tugas Kesatuan Pengamanan Laut dan Pantai (KPLP) Suwartoyo mengatakan, akibat cuaca buruk terus melanda, wisatawan itu masih tertahan di sana.

Tingginya gelombang dan kencangnya angin laut membuat kapal tak berani berlayar. Sejumlah kapal penyeberang seperti KMC Express Cantika 89 masih bersandar di Dermaga Kartini Jepara. Begitu pula Kapal Muria juga masih terlihat berlabuh di Dermaga Karimunjawa.

Selain itu, lanjut Suwartoyo, KPLP sendiri belum mengeluarkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) untuk kapal-kapal itu. Jika kondisi benar-benar sudah membaik, pihaknya baru akan mengeluarkan SPB bagi kapal trayek Jepara – Karimunjawa.

Diperkirakan Jumat dan Sabtu besok cuaca segera normal. Ratusan wisatawan yang beberapa hari tertahan di Karimunjawa bisa diseberangkan kembali ke Jepara.

“Tapi ini baru perkiraan. Untuk pastinya kita lihat saja kondisi di lapangan,” terangnya.

Sementara itu, Camat Karimunjawa Nuryanto mengatakan hingga kini sekitar 700 wisatawan masih tertahan di wilayah kepulauan yang dipimpinnya.

Secara umum, kata Nuryanto tidak ada masalah dengan ratusan wisatawan tersebut. Sebab hingga kini, stok bahan pangan maupun BBM di Karimunjawa dalam kondisi aman.

“Doakan saja semoga cuaca segera membaik sehingga para wisatawan ini bisa segera kembali ke rumahnya masing-masing dengan selamat,” tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7825 seconds (0.1#10.140)