SBY sudah tahu jebolnya bendungan Way Ela

Kamis, 25 Juli 2013 - 14:10 WIB
SBY sudah tahu jebolnya...
SBY sudah tahu jebolnya bendungan Way Ela
A A A
Sindonews.com - Kepala Pusat Data Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, jebolnya bendungan Way Ela di Maluku Tengah, akibat tekanan volume air yang meningkat.

"Hujan terus turun sehingga dikhawatirkan bagian bendung dapat jebol keseluruhan. Hingga saat ini, belum ada laporan korban dan kerusakan. Masyarakat Desa Negeri Lima sebanyak 5.227 jiwa atau 1.027 KK, telah dievakuasi di desa sekitarnya yang aman," kata Sutopo dalam rilisnya kepada Sindonews, Jakarta, Kamis (25/7/2013).

Dia menambahkan, Kepala BNPB Syamsul Maarif, telah melaporkan kejadian tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selain Syamsul juga telah memerintahkan pengiriman bantuan logistik berupa tenda pengungsi, tenda pengungsi, permakanan, dan sandang sebanyak 15 ton dengan mengerahkan dua pesawat Hercules TNI-AU.

"Tim BNPB juga dikirim untuk memberikan pendampingan penanganan bencana tersebut," terangnya.

Lebih jauh, dia mengimbau, agar masyarakat di sekitar Way Ela tetap diminta siaga. Karena, curah hujan di kawasan itu masih cukup tinggi.

"Tipe iklim di Maluku adalah tipe lokal yang dipengaruhi oleh perairan sekitar Maluku, sehingga puncak hujan terjadi pada Juli," tandas Sutopo.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4126 seconds (0.1#10.140)