Penelitian siswa DIY jauh melampaui usia

Rabu, 24 Juli 2013 - 03:01 WIB
Penelitian siswa DIY jauh melampaui usia
Penelitian siswa DIY jauh melampaui usia
A A A
Sindonews.com - Dibanding beberapa tahun lalu, kemampuan meneliti siswa SMA/SMK di DIY semakin berkembang.

Hal ini dibuktikan dengan produk yang dihasilkan, serta berbagai penghargaan yang diperoleh dalam kegiataan kejuaraan sains baik level nasional maupun internasional.

"Perkembangan meneliti siswa saat ini memang tak bisa dijauhkan dengan semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses internet. Hasil penelitian mereka bahkan bisa disejajarkan dengan para mahasiswa. Hanya saja karya mereka masih perlu penyempurnaan. Ini bisa dilakukan setelah mereka duduk di bangku kuliah," ujar Dosen Teknik Elektro UGM Ridi Ferdiana Selasa (23/7/2013).

Dalam kegiatan pameran penelitian Teladan Science Day (TSD) di SMA Negeri 1 Yogyakarta, Ridi yang bertindak sebagai juri ini menuturkan, internet memang menjadi salah satu media yang dapat mengembangkan kreatifitas siswa dalam penelitian.

Informasi dalam media massa internet mampu menginspirasi para siswa dalam membuat suatu karya penelitian.

"Di DIY, untuk sarana prasarana tidak terlalu mengkhawatirkan, karena sesuatunya sudah sejalan dengan kebijakan pemerintah, sehingga arah penelitian siswa sudah cukup baik. Hanya saja, hasilnya masih berbeda-beda antara sekolah satu dengan yang lain karena sarana dan prasarana setiap sekolah yang berbeda-beda," imbuhnya.

Pembimbing Penelitian siswa SMA dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Zainal Abidin mengatakan, dari 113 karya siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta yang telah dikumpulkan, ternyata yang memenuhi syarat nilai hanya 88 karya.

Karya yang lolos tersebut lalu diseleksi kembali dan menyisakan 52 karya yang berhak mengikuti pameran.

"Dalam pameran kali ini juri akan menilai produk-produk siswa siapa saja yang nantinya berhak lolos untuk mengikuti Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2013. Para juri juga akan memberikan masukan pada karya-karya siswa ini sebagai penyempurnaan," terangnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2465 seconds (0.1#10.140)