Polda Jabar persempit gerak imigran gelap

Selasa, 23 Juli 2013 - 12:33 WIB
Polda Jabar persempit gerak imigran gelap
Polda Jabar persempit gerak imigran gelap
A A A
Sindonews.com - Polda Jawa Barat (Jabar) kini tengah gencar melakukan antisipasi masuknya para imigran gelap yang memanfaatkan Jabar sebagai tempat singgah, sebelum menuju Australia seabgai tujuan akhir.

Hal tersebut dilakukan sebagai buntuk tertangkapnya 53 imigran gelap di Garut yang akan menyebrang ke Australia, melalui pantai selatan Jabar. Bahkan, dari hasil pemeriksaan, para imigran tersebut sempat singgah di Bogor, selama dua bulan.

Kapolda Jabar Irjen Pol Suhardi Alius mengungkapkan, pihak kepolisian mengkhawatirkan pengaruh buruk dari para imigran tersebut terhadap masyarakat sekitar.

“Imigran itu perlu diwaspadai. Takutnya berbahaya bagi warga kita dengan kedatangan mereka. Yang perlu diperhatikan dalam perkembangannya, apakah mereka membawa pengaruh buruk bagi warga yang disinggahi atau tidak," jelasnya kepada wartawan, Selasa (23/7/2013).

Ditambahkan dia, letak geografis Jabar cukup strategis sebagai lintasan dan persinggahan para imigran sebelum menyebrang ketempat tujuan. Hal tersebut lah yang kini akan menjadi fokus perhatian pihak kepolisian, agar Jabar aman dan bersih dari imigran gelap.

Lebih lanjut, mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini membeberkan, terdapat 13 Polda di Indonesia yang juga memfokuskan penjagaan terhadap keberadaan imigran gelap.

"Ada 13 Polda yang diinstruksikan punya tanggungjawab untuk mengantisipasi ini (imigran gelap). Salah satunya adalah kita Polda Jabar kawasan selatan yang berdekatan dengan Australia," tutupnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4531 seconds (0.1#10.140)